Madu merupakan suatu pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Namun, tahukah anda bahwa madu ternyata memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan?

Sebenarnya madu memiliki komposisi utama yang terdiri dari air dan gula. Namun, ternyata selain dua komposisi tersebut, madu juga memiliki beragam nutrisi lainnya. Madu juga mengandung asam amino, antioksidan, vitamin, dan mineral.

Selain itu, kandungan gula pada madu, yang didominasi oleh jenis fruktosa (gula alami yang biasa dijumpai pada buah-buahan) memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan pemanis buatan dan memberikan energi lebih banyak.

Madu memiliki sifat antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan dan tanpa adanya efek samping. Madu juga memiliki kandungan nutrasetikal yang efektif mengeluarkan radikal bebas dari tubuh manusia. Sehingga kekebalan tubuh kita akan meningkat dan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.Madu memiliki sifat antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan dan tanpa adanya efek samping. Madu juga memiliki kandungan nutrasetikal yang efektif mengeluarkan radikal bebas dari tubuh manusia. Sehingga kekebalan tubuh kita akan meningkat dan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Membantu Meredakan Stres

Konsumsi madu asli dapat menurunkan kadar Manoldialdehyde yang merupakan parameter oxidative stres dan meningkatkan aktivitas Superoxide Dismutase yang merupakan antioksidan edogen dalam tubuh manusia.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Madu asli berfungsi sebagai bahan bakar untuk hati dan membuat hati memproduksi glukosa. Mengonsumsi madu sebelu tidur membuat tubuh membakar lebih banyak lemak pada malam hari. Madu asli hanya mengandung 64 kalori per cangkir. Ini akan memberi rasa kenyang pada malam hari.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat madu asli lainnya adalah membantu proses pencernaan. Minum madu asli dengan air hangat sebelum tidur dapat membantu membersihkan racun yang ada dalam sistem pencernaan tubuh. Anti mikroba yang ada dalam madu asli dapat membantu membunuh patogen berbahaya yang ditemukan di dalam usus.

Mencegah Obesitas

Orang yang terkena obesitas bisa mengonsumsi madu asli pada malam hari, karena madu benar-benar bebas lemak dan akan membatasi asupan lemak. Mengonsumsi air hangat yang dicelupkan lemon dengan satu sendok teh madu akan mengurangi lemak perut.

Mengurangi Resiko Diabetes

Mengurangi satu sendok teh madu asli sebelum tidur dapat mengurangi resiko terkena diabetes. Jika seorang penderita diabetes meminum madu setiap malam, itu bahkan dapat membantu mengobatinya karena membantu mengurangi kadar glukosa darah.

Sumber Nutrisi yang Lengkap

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kandungan madu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi madu setiap hari, merupakan cara memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

Meningkatkan Daya Ingat

Bagi Anda yang memiliki kesusahan untuk mengingat atau ternyata mengalami gangguan short term memory, maka madu bisa menjadi solusi Anda. Madu juga bisa Anda konsumsi setiap hari agar di kemudian hari ketika menjelang masa senja, daya ingat Anda tidak akan menurun secara drastis. Minumlah 20 g madu setiap hari.

Mencegah Penyakit Kanker dan Jantung

Madu mengandung asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi dari senyawa-senyawa ini memberi madu kekuatan dalam antioksidannya.