Memiliki bentuk badan yang ideal adalah impian banyak orang. Selain punya perut yang rata, lengan kencang dan berotot  juga jadi sebuah dambaan. Banyak orang berharap agar lengannya tidak terlihat bergelambir. Untuk itu, simak berbagai gerakan olahraga di bawah ini untuk membentuk otot lengan. Latihan berikut ini dirancang untuk membangun kekuatan dan daya tahan otot lenganmu. Sebelum memulai latihan, kamu harus menyiapkan dua buah barbel atau dumbell dengan berat sekitar 4 sampai 8 kg, dan sebuah matras ataupun handuk sebagai alas.

  1. Tricep extension

Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama duduklah di kursi. Posisikan badanmu agar bahu dan dada tegak. Kemudian, ambil sebuah barbel lalu angkat dengan dua tangan ke atas kepala. Letakkan barbel secara vertikal tepat di belakang kepala dengan posisi siku yang menekuk. Lalu, pastikan tanganmu menumpuk satu sama lain di ujung barbel. Angkat barbel ke atas kepala dengan menguatkan kedua lengan. Lakukan latihan ini sebanyak 12 hingga 15 kali. Ketika melakukan gerakan ini, daerah yang dilatih adalah otot bahu dan trisep.

  1. Barbel lateral dan front raise

Mulailah dengan berdiri tegak dan lemaskan lututmu. Kemudian tegakkan bahu dan dadamu. Pegang barbel di kedua tangan. Pastikan lutut dan siku tetap berada dalam posisi rileks. Naikkan lengan ke arah samping tubuh sampai setinggi bahu. Lalu, turunkan kembali tanganmu ke posisi awal.

Gerakan yang kedua, setelah barbel berada di posisi awal, naikkan barbel ke depan. Namun, pastikan jika tidak lebih tinggi dari bahu. Turunkan lagi ke posisi awal. Lakukan latihan ini sebanyak dua set. Masing-masing set terdiri dari 15 kali gerakan.

  1. Hammer press

Duduklah sambil memegang barbel di depan bahu pas di ketinggian bahu dengan telapak tangan menghadap satu sama lain. Kuatkan perut supaya posisi duduk tetap tegak. Posisikan postur tubuhmu agar tetap tegak. Lalu, angkat satu barbel ke atas kemudian turunkan di ketinggian bahu, sementara satu barbel lainnya diangkat ke atas. Teruskan latihan dengan gerakan agak cepat namun tetap terkontrol. Lakukan latihan itu sebanyak dua set. Satu set terdiri dari 30 gerakan.

  1. Bicep curls

Berdirilah tegak dengan memegang dua barbel di masing-masing tanganmu . Lalu letakkan barbel di paha dengan telapak tangan Anda menghadap ke atas. Tekuk siku, dimulai dengan lengan kanan, kemudian tarik barbel ke arah bahu. Turunkan tangan ke posisi awal lagi. Ulangi untuk lengan kiri. Pastikan siku tetap berada di samping tubuh, dekat dengan badan ketika kita menaikkan barbel ke arah bahu. Lakukan latihan ini sebanyak dua set yang terdiri atas 12 hingga 15 kali gerakan.

  1. Push-up

Meskipun tidak menggunakan barbel, push-up adalah gerakan klasik yang benar-benar dapat membentuk otot. Mulailah dengan posisi tubuh plank sejajar dengan lantai kemudian turunkan tubuhmu tekuk siku sampai dada menyentuh lantai. Kembali ke posisi awal lalu ulangi. Jika ini terlalu berat bagimu , biarkan lutut menyentuh lantai untuk membantu Anda melakukan gerakan push-up.