Mungkin sebagian orang tahu kalau manfaat utama dari tauge adalah memberikan kesuburan bagi pasangan suami-istri yang menginginkan keturunan dengan cepat. Selain memiliki manfaat utama sebagai kesuburan, tauge ini merupakan sayuran yang populer di Indonesia. Tauge biasanya cocok dijadikan pelengkap di beberapa masakan, misalnya rawon, ayam goreng, tahu telur, soto, plecing, dan lain-lain.

Tauge terbilang jenis sayuran yang murah meriah. Dengan selembar uang 2.000an, ibu-ibu sudah bisa mendapatkan tauge yang lumayan banyak. Mudah ditemui di pasar-pasar dan cocok banget sebagai pelengkap masakan.

Tauge ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan tubuh. Di dalam tauge mengandung vitamin E, vitamin C, vitamin K, asam folat dan protein yang cukup tinggi. Berbagai kandungan nutrisi yang kaya ini, tauge ikut andil dalam memberikan manfaat untuk kesehatan. Pada artikel ini akan dibahas 4 manfaat utama yang jarang sekali kita ketahui.

  • Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat utama yang sering kita ketahui adalah tauge dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria karena berbagai hormon pria dapat dihasilkan dengan rangsangan saat mengkonsumsi tauge. Vitamin E dan protein dalam tauge inilah yang berperan sebagai nutrisi kesuburan pada pria.

  • Meningkatkan Seluruh Fungsi Tubuh

Manfaat utama selanjutnya adalah tauge memiliki ratusan enzim yang sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh manusia. Enzim merupakan salah satu zat yang membantu tubuh memanfaatkan vitamin dan menyerap serta memproses dalam tubuh untuk membantu berbagai sel dan sistem tubuh lainnya. Enzim ini juga memiliki manfaat utama dalam kelancaran kinerja organ-organ di dalam tubuh, sehingga tubuh akan bekerja secara lebih efektif.

  • Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Di balik penampilannya yang kecil mungil, tauge telah ditemukan beberapa senyawa yang berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah saponin. Senyawa ini dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh kita, dengan menstimulasi interferon dan sel limfosit. Selain itu, vitamin C di dalam tauge ini juga memiliki manfaat utama yang hampir sama, yakni untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dan mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan pada sel.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat utama selanjutnya adalah tauge ini mampu menurunkan berat badan. Siapa yang mengira kan? Sama seperti fungsi serat dalam buah-buahan dan sayuran lainnya yaitu menurunkan berat badan. Serat adalah satu dari sekian banyak nurisi yang sangat baik untuk mencegah kolesterol dalam darah. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, maka kamu akan dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

Inilah manfaat utama dari sayuran yang murah meriah ini, yaitu tauge. Mungkin sebagian orang tidak mengetahu manfaat-manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi tauge. Bermanfaat bukan?!