Memiliki perut sixpack merupakan idaman banyak orang. Tidak hanya pria, wanita pun memiliki keinginan yang sama besar untuk membentuk otot-otot tubuh, terutama pada bagian perut. Beberapa cara yang umum dilakukan untuk memiliki perut sixpack adalah dengan mengikuti latihan di tempat-tempat fitness, angkat beban, latihan kardio, serta diet. Namun, apakah seluruh cara tersebut merupakan cara yang tepat untuk dilakukan? Berikut ini merupakan kesalahan  yang  sering dilakukan pria saat membentuk perut sixpack :

  1. Hanya fokus pada crunch dan sit-up

Mitos paling umum adalah bahwa sit-up dan crunch merupakan cara yang paling baik untuk menghasilkan perut sixpack. Bahkan banyak orang yang memiliki rutinitas sit-up sebanyak 100 kali setiap harinya. Hal ini tidak benar, karena kenyataannya crunch dan sit-up membakar sangat sedikit kalori per menitnya. Sit-up dan crunch akan bekerja hanya untuk menguatkan otot perut, tetapi tidak banyak membantu jika kita masih punya banyak lapisan lemak yang menutupi otot perut.

  1. Terlalu banyak olahraga kardio

Cara lain yang salah saat sedang mencoba membuat perut six-pack adalah berpikir bahwa kamu butuh melakukan latihan kardio selama berjam-jam untuk mendapatkan otot perut. Pada kenyataannya, latihan kardio malah akan membakar kalori, dan latihan interval dapat mempercepat tingkat metabolisme, sehingga kamu akan mengalami tingkat pelepasan lemak yang cepat sepanjang keseluruhan latihan di hari tersebut. Namun, latihan kardio bukan satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak di perut. Latihan angkat beban yang intens dan rencana diet yang baik akan lebih berhasil ketimbang latihan kardio.

  1. Berhenti olahraga setelah punya perut sixpack

Ketika kamu telah memiliki perut sixpack tentu kamu akan merasa puas dengan hasil kerja kerasmu selama latihan. Namun jangan pernah berpikir bahwa perut sixpack akan tetap ada selamanya. Kenyatannya, sixpack akan menghilang jika kamu tidak menjaganya. Mempertahankan perut sixpack bukanlah hal yang mudah, meskipun kamu tidak harus makan dengan tingkat yang kalori rendah, namun bukan berarti kamu bisa kembali pada pola makan yang semula.

  1. Hanya fokus melatih otot perut

Mitos yang paling banyak mengenai perut sixpack adalah bahwa kita harus fokus pada latihan perut dan menggunakan alat-alat fitness untuk membentuk otot perut. Semua orang mencari cara yang mudah, padahal kenyataannya, satu-satunya cara untuk membentuk otot perut yaitu dengan menurunkan persentase lemak pada tubuh (10% pada pria dan 14% pada wanita). Meski sudah sering latihan perut, otot-otot perutmu tetap saja tidak akan terlihat jika masih terdapat lapisan lemak di atasnya, karena latihan ini tidak dapat mengurangi lemak pada perut. Latihan untuk otot perut memang perlu, tapi kamu juga harus memperhatikan bagian tubuh yang lain. Ini akan sangat bermanfaat karena kamu mungkin tak menyadari bahwa melatih otot perut sebagai otot sekunder akan lebih mudah dilakukan daripada hanya fokus terhadap latihan membentuk otot perut.

  1. Hanya fokus pada satu latihan saja

Sebenarnya, terdapat banyak sekali latihan yang berbeda dan efektif untuk membentuk otot perut. Salah satunya mungkin lebih baik dari yang lain, namun tidak ada satupun dari mereka yang bisa dianggap paling baik. Ketika kamu melakukan satu macam latihan saja, otot-otot perutmu akan terbiasa dan kebal dengan stimulus dan gerakan tersebut, sehingga kamu harus mengganti dari satu latihan ke latihan yang lain untuk memberikan muscle confusion (kebingungan otot).