Salah tidur atau salah bantal sepertinya sudah pernah dirasakan semua orang. Hal ini biasanya terjadi karena penggunaan bantal yang tinggi ataupun rendah. Selain itu, juga bisa terjadi karena posisi leher bertahan dalam posisi yang sama untuk waktu yang cukup lama. Hal lain yang menyebabkan salah bantal adalah posisi yang kurang nyaman saat mengendarai mobil dan posisi leher yang terlalu maju saat bekerja dalam waktu yang cukup lama.

Sakit leher tentunya sangat menganggu, karena tidak dapat menoleh. Dalam dunia medis, salah bantal dikenal dengan muscle strain, kondisi dimana otot tertarik atau menegangnya otot akibat kelelahan atau kurang tepat dalam menggunakan otot.

Meskipun salah bantal bisa hilang dan sembuh sendirinya, tapi tetap saja hal ini dapat menganggu aktivitasmu, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa hal ini :

  • Mengompres Leher

Kamu dapat mengompres leher dengan es batu atau air hangat.

Bila kamu mengompres leher dengan es batu, caranya bungkus beberapa es batu dengan kain atau handuk bersih, lalu kompres leher kamu sleama 20 menit.

Atau kompres dengan air hangat, dengan menggunakan kain atau hendak bersih selama 15 menit.

Kompres air hangat membantu dalam melebarkan pembuluh darah dan merelaksasi otot dan  kompres air dingin membantu mengurangi pembengkakan sekaligus meringankan rasa nyeri.

  • Melakukan Pijatan Ringan

Memijat area leher yang terasa nyeri, dapat membantu mengurangi rasa nyeri,  tetapi jangan dilakukan sembarangan ya! Kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk memijatnya, gunakan basem atau salep khusus untuk nyeri otot.Tetapi lebih baik menggunakan jasa terapis professional.

  • Memilih Bantal Yang Tepat

Pilihlah bantal yang tepat dan nyaman untuk menghindari sakit leher.

Usahakan pilih bantal yang posisi kepala terhadap sumbu tulang belakang tidak miring. Kamu bisa menggunakan bantal yang tepat untuk mengganjal kepalamu secukupnya, tidak terlalu tinggi tapi tidak terlalu rendah.

  • Melakukan Gerakan Ringan

Kamu bisa melakukan gerakan ringan di sekitar kepala, dengan menengok ke kanan atau ke kiri secara perlahan, memang awalnya nyeri tapi hal ini bertujuann aar leher tidak terasa kaku lagi. Tetapi lakukan ini setelah kamu melakukan kompres air dingin atau hangat yah!