Di masa new normal, sangat penting menjaga sistem kekebalan tubuh dan menerapkan gaya hidup sehat agar tak mudah terserang berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang menyerang sistem imun dan paru-paru adalah Covid-19.

Kampanye-kampanye tentang gaya hidup sehat terus digalakkan oleh pemerintah melalui media massa online dan offline, seperti menerapkan protokol kesehatan, mengkonsumsi makan sehat dan teratur, tidur yang cukup dan olahraga secara teratur. Semua kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh di tengah masa new normal ini.

Dikutip dari Houston Methodist dan The healthy, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa new normal :

  1. Berolahraga Secara Teratur

Dengan rutin berolahraga dapat membantu anda meningkatkan imun tubuh, karena dapat membersihkan bakteri dan saluran pernapasan, sehingga dapat meningkatkan antibodi dan sel darah putih yang berfungsi dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Berolahraga minimal 30 menit setiap hari, olahraga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, anda bisa dengan jogging setiap pagi atau berjalan kaki.

Selain itu, bisa melakukan aktivitas olahraga dirumah seperti, Push Up, Yoga atau aktivitas lain yang melibatkan fisik.

  1. Bernyanyi

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Frankfurt, Jerman dalam AS Journal of Behavioural Medicine menunjukkan manfaat menyanyi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit..

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan bernyanyi juga dapat menyehatkan paru-paru karena dapat melatih pernapasan dan jantung.

Anda dapat melakukan aktivitas ini dengan berkaraoke, bernyanyi bersama teman atau dapat bernyanyi di kamar mandi atau kamar pribadi.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup di malam hari dapat membantu memulihkan tubuh anda setelah melakukan berbagai aktivitas.

Istirahat yang kurang dapat membuat kita menjadi sistem imun tubuh menurun,  cepat marah, tidak sabar,dan sulit berkonsterasi.

Orang dewasa disarankan untuk memiliki waktu tidur 7-8 jam, sedangkan remaja disarankan memiliki waktu tidur kisaran 9-10 jam .

  1. Lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah

Mengkonsumsi sayur dan buah dapat meningkatkan imun tubuh, Jenis makan tersebut dapat mencukupi kebutuhan antioksidan tubuh. Dengan terpenuhinya nutrisi tubuh, sistem imun tubuh juga meningkat.

  1. Menghindari Alkohol

Alkohol perlu dihindari, selain dapat menganggu kesehatan , juga dapat menganggu tidur yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

 

Sumber : Kompas.com, Detikhealth, Suara.com, Sehataqua.co.id