Tahukah kamu bahwa stroke adalah penyebab kedua kecacatan di dunia? Jumlah penderita stroke memang meningkat setiap tahunnya, terutama di negara berkembang. Stroke sendiri terjadi saat suplai darah ke otak terputus. Karena otak kekurangan oksigen, maka sel otak akan mati yang membuat beberapa orang mengalami kelumpuhan atau hilang.

Sebagian stroke dikenal sebagai Transient Ischemic Attack (TIA) atau stroke ringan. Dikutip Healthline, stroke ringan terjadi ketika bagian otak mengalami kekurangan aliran darah sementara. Sel-sel otak tidak berfungsi untuk waktu yang singkat sehingga menyebabkan gejala seperti stroke dan teratasi dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam.
Stroke umumnya menyerang orang dewasa atau yang telah senja. Namun, umur bukanlah patokan seseorang bisa terkena stroke. Banyak juga orang yang masih muda usia 30-40 yang terserang stroke.

Mengetahui tanda-tanda stroke ringan penting agar bisa mendapat pertolongan secepat mungkin. Gejala stroke ringan mungkin sulit dikenali dan pernah dirasakan banyak orang. Berikut tanda stroke awal yang harus kamu ketahui:

Nyeri pada satu sisi wajah

Nyeri yang muncul mendadak di satu sisi wajah serta lengan, kaki, atau dada merupakan tanda khas dari stroke. Dan wanita ternyata lebih cenderung rentang terhadap gejala stroke atipikal tersebut.

Stroke dapat menyebabkan mati rasa atau kelemahan pada satu sisi wajah. Ketika seseorang dengan gejala ini mencoba tersenyum, hanya satu sisi mulut yang dapat merespons.

Kelemahan lengan

Seseorang yang menderita TIA atau stroke mungkin tidak dapat mengangkat satu atau kedua lengan di atas kepala dan menyimpannya di sana.

Kesulitan berbicara

Seseorang mungkin mengalami kesulitan berbicara, atau kata-kata mereka mungkin tidak masuk akal.

Vertigo

Pusing dan ketidakseimbangan yang disertai vertigo seringkali merupakan jadi pertanda gejala stroke. Vertigo adalah sensasi yang muncul seperti kamu bergoyang atau berputar dan kamu merasakan benda-benda di sekitarmu bergerak, padahal sebenarnya tidak.