Suda bukan rahasia umum lagi, bahwa dengan melakukan pemanasan sebelum aktivitas latihan gym dapat menghindari Anda dari cidera yang kapan saja bisa terjadi, untuk menghindari hal ini terjadi di diri Anda, mari kita simak beberapa manfaat pemanasan sebelum latihan gym:

  • Mencegah Cidera

Ini merupakan tujuan utama di dalam melakukan pemanasan, karena dengan kita melakukan pemanasan otot akan menjadi lebih lentur dan halus. Ini berarti bahwa gerakan keras dan tiba-tiba, seperti tendangan tinggi atau posisi mendarat canggung akan lebih tahan banting terhadap potensi otot kram, terkilir, hingga otot sobek. Otot sobek bisa menjadi cedera serius yang membutuhkan waktu lama untuk pulih (belum lagi sangat menyakitkan dan berpotensi membutuhkan jahitan).

  • Memelihara Kesehatan Tulang dan Persendian

Pentingnya pemanasan sebelum latihan gym juga meluas hingga mempengaruhi tulang dan sendi, yang merupakan bagian tubuh yang juga rentan cedera saat latihan. Dengan pemanasan Anda akan membantu lebih banyak cairan bisa melumasi persendian sehingga membuat sendi-sendi lebih licin dan fleksibel agar mencegah korosi dan terkunci.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat selanjutnya adalah dapat melancarkan peredaran darah, ini dikarenakan pemanasan yang dilakukan dengan baik dan benar akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar sehingga suplai oksigen tersebar dengan baik  ke seluruh tubuh. Ini akan meningkatkan performa kamu dalam berolahraga.

  • Menaikkan Temperatur Otot

Saat melakukan pemanasan, temperatur otot pun naik sehingga lebih mudah berkontraksi dan lebih cepat kendor kembali setelah berolahraga. Efeknya adalah kecepatan dan kekuatan yang bertambah dan risiko cedera otot berkurang.

  • Tubuh dapat Elastis dan Fleksibel

Pernah kan Anda merasa tubuh terasa kram saat olahraga? Ini bisa jadi karena Anda tidak melakukan pemanasan sehingga otot tubuh yang masih kaku dipaksa untuk bekerja. Selain itu, melakukan pemanasan bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 13%.

  • Meningkatkan Proses Pendinginan yang Efisien

Dengan melakukan pemanasan, mekanisme tubuh pun berjalan dengan lebih baik, termasuk dalam mengeluarkan keringat, sehingga mencegah tubuh terlalu cepat panas saat pertandingan, dan proses pendinginan setelah latihan atau bertanding juga lebih efisien.