Banyak makanan yang terbuat dari berbagai bahan, mulai dari sayur-sayuran, hingga buah-buahan. Makanan ini diolah atau dimasak untuk mematangkan bahan yang sebelumnya mentah atau belum matang.

Namun tidak sedikit pula makanan yang bisa dikonsumsi langsung tanpa harus dimasak terlebih dahulu, terutama buah-buahan. Banyak jenis buah-buahan yang tidak harus diolah atau dimasak terlebih dahulu saat akan di konsumsi. Namun ada juga beberapa bahan makanan yang benar-benar harus di olah atau di masak terlebih dahulu ketika akan dikonsumsi.

Berikut makanan yang sebaiknya Anda masak terlebih dahulu sebelum Anda Konsumsi:

1. Kentang

Kentang tidak baik dikonsumsi secara langsung atau dalam keadaan mentah tanpa dimasak atau diolah terlebih dahulu. Mengkonsumsi kentang mentah dapat menyebabkan kembung dan efek gastrointestinal yang tidak diinginkan, karena kentang mengandung pati yang sulit dicerna. Selain itu, kentang yang terlalu lama disimpan dan tidak diolah akan muncul bintik-bintik hijau yang bisa berbahaya bahkan beracun. Sebaiknya jika kentang sudah memunculkan gejala ini, untuk tidak mengkonsumsinya atau dibuang.

2. Susu

Susu mentah adalah susu yang langsung dari sapi tanpa olah terlebih dahulu. Susu yang datang langsung dari sapi, tanpa di pasteurisasi, dapat mengandung bakteri berbahaya seperti E. Coli dan Salmonella. Menurut FDA, susu mentah 150 kali lebih mungkin menyebabkan penyakit bawaan makanan dari pada produk susu lainnya.

3. Singkong

Singkong memang mengandung vitamin dan mineral, namun ternyata singkong juga mengandung sianida. Daun dan akar singkong mentah mengandung glikosida sianogen, bahan kimia yang melepaskan sianida saat dimakan.

4. Kecambah

Kecambah atau tauge yang tidak diolah atau dimasak dahulu atau masih mentah bisa mengandung bakteri berbahaya seperti E-Coli, Salmonella, dan Listeria. Kecambah ditanam dalam kondisi hangat dan lembab di mana bakteri ini mudah tumbuh subur. Usahakan untuk membeli kecambah yang masih segar, dan mencucinya secara bersih sebelum diolah atau dimasak.

5. Daging

Makanan terakhir yang wajib melalui proses masak adalah daging.Berbagai jenis daging hewan harus dan wajib melalui proses masak sampai benar-benar matang terlebih dahulu. Pasalnya tidak ada yang tahu jika bakteri serta berbagai potensi penyakit yang dibawa dari hewan tersebut. Jika daging tidak dimasak dengan sempurna maka segala macam jenis kuman dan bakteri dapat mudah masuk kedalam tubuh. Berbagai jenis daging apapun memang harus terlebih dahulu dimasak dengan benar untuk bisa dikonsumsi.