Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sekarang ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak menjaga pola makan dan pola hidupnya. Jika kolesterol dibiarkan maka akan menjadi penyebab timbulnya penyakit lain.

Dengan adanya kadar kolesterol yang tinggi maka bisa meningkatkan resiko untuk Anda terkena berbagai jenis penyakit lainnya yang jauh lebih serius. Penyakit yang biasanya akan mengikuti orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi yaitu penyakit asam urat bahkan jantung. Biasanya orang yang memiliki kolesterol yang tinggi akan merasakan ada yang berbeda didalam kondisi tubuhnya. Ada juga orang yang mengabaikan rasa sakit tersebut sehingga pada saat dicek baru menyadari bahwa kadar kolesterol yang ada pada tubuhnya sangat tinggi.

Sayuran hijau diketahui kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Sebagai salah satu jenis sayuran hijau yang cukup mudah didapat, bayam merupakan makanan sehat yang sangat disukai oleh sebagian besar orang.

Selain rasanya yang lezat, sayuran yang satu ini juga memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Dari rangkaian manfaatnya bagi tubuh, salah satu yang diketahui adalah khasiatnya dalam menurunkan kadar kolesterol.

Bayam memiliki kandungan lutein yang tinggi, yakni pigmen berwarna kuning terang yang terdapat pada sayuran hijau dan juga kuning telur.

Kandungan serat yang tinggi membuat bayam baik untuk mencegah penyerapan kolesterol dan juga membuat sistem pencernaan menjadi sehat dan terhindar dari obesitas (berat badan berlebih)
Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tadi Anda harus rutin mengkonsumsi sayuran bayam ini tak hanya dijadikan sayur untuk lauk makan, Anda juga bisa mengkonsumsi bayam ini dengan cara dibuat jus.
Tidak hanya dengan mengkonsumsi bayam saja kolesterol Anda dapat turun, namun Anda tetap harus mengimbangi dengan berolahraga secara rutin. Selain membuat tubuh tetap bugar, olahraga secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.
Olahraga secara rutin juga membantu penurunan berat badan dan menghambat pembentukan kolesterol di dalam tubuh. Disarankan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit selama lima kali seminggu, untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengurangi kadar kolesterol.