Bagi sebagian orang, seiring bertambahnya usia berdampak pada kondisi tubuh menurun. Kondisi yang mulai menurun saat usia tua membuat pria rentan terkena masalah kesehatan. Fungsi beberapa organ tubuh ketika usia tua tentunya tidak sebaik ketika masih muda, sehingga pada akhirnya akan datang berbagai serangan penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Menjaga kesehatan terutama memasuki usia senja adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan. Adapun beberapa penyakit dan masalah kesehatan yang sebaiknya diwaspadai pada usia tua adalah sebagai berikut:

Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular bisa lebih rentan menyerang pria dibanding wanita. Penyakit satu ini bakal lebih bahaya ketika kamu juga menderita diabetes sejak usia muda di bawah 40 tahun.

Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang pria berusia lanjut. Tak hanya kanker, berbagai keluhan terkait dengan prostat akan membuatmu membutuhkan spesialis andrologi.

Pola Kebotakan

Kerontokan rambut dan kebotakan merupakan salah satu hal yang rentan dialami pria ketika berusia tua. Hal ini bisa terjadi mulai usia yang cukup muda dan mengganggu penampilan. Terdapat keterkaitan yang erat antara pola kebotakan pada laki-laki dengan kanker prostat. Jadi, jika kamu mengalami pola kebotakan yang tak wajar, segera konsultasikan ke dokter.

Malnutrisi

Malnutrisi pada orang dewasa yang berusia lebih dari 65 tahun sering kurang terdiagnosis dan dapat menyebabkan masalah kesehatan lanjut usia lainnya, seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh dan kelemahan otot. Penyebab malnutrisi dapat berasal dari masalah kesehatan lainnya misalnya demensia hingga lupa makan, depresi, alkoholisme, pembatasan diet, berkurangnya kontak sosial dan terbatasnya pendapatan.

Arthritis (Radang Sendi)

Arthritis mempengaruhi hampir separuh kelompok manula. Selain itu, penyakit ini juga merupakan penyebab utama kecacatan. “Cedera lama dari bermain sepak bola semasa sekolah dan dari memakai sepatu hak tinggi akan menghantui kita di usia tua. Dan arthritis di lutut adalah salah satunya,” ujar Sharon Brangman, MD, AGSF. Cara mencegahnya ialah dengan melakukan olahraga secara teratur dan berhenti berolahraga ketika terasa sakit.

Gangguan Pendengaran dan Penglihatan

Penyakit pada usia tua yang banyak berhubungan dengan mata adalah degenerasi makula, katarak, retinopati diabetes, dan glaukoma. Kehilangan pendengaran frekuensi tinggi adalah hal yang umum di usia tua, dan hal itu akan diperparah oleh gaya hidup yang meliputi paparan suara keras (contohnya seperti bekerja di bandara atau pabrik).

Untuk menghindari hal ini terjadi pada diri Anda saat Anda berusia senja nanti, maka lakukanlah olahraga secara rutin, olahraga mampu menghindarkan diri dari berbagai penyakit dan tentunya olahraga bisa memicu Anda terlihat lebih muda lho!