Dalam dunia angkat beban, ada satu pertanyaan yang terus menjadi polemik hingga sekarang. Pertanyaan itu adalah: mana yang lebih baik untuk pria, kardio atau angkat beban? Jawaban untuk pertanyaan ini sebenarnya bisa bias dan tergantung siapa yang menjawab dan kebutuhan dari pria itu sendiri.

Saat melakukan olahraga, tujuan pria ada tiga, pertama menurunkan berat badan karena tubuh mengalami obesitas, mempertahankan berat badan, dan membentuk otot agar tubuh lebih berisi. Masing-masing kebutuhan ini memiliki komposisi latihan yang berbeda-beda, bahkan dietnya pun berbeda. Berikut penjelasan latihan mana yang lebih baik Anda pilih:

Kardio Baik untuk Menguras Kalori Dengan Cepat

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kebutuhan olahraga disesuaikan dengan tujuan. Kalau pria mengalami obesitas, mungkin bisa mencoba dahulu melakukan kardio. Mengapa harus kardio dahulu? Karena cara ini bisa membakar kalori lebih banyak dari jenis angkat beban. Dengan durasi yang sama, kardio membakar kalori lebih banyak.

Angkat Beban Baik Untuk Pembentukan Otot

Angkat beban lebih mudah dilakukan karena jenisnya cukup banyak dan tidak membuat pria jadi ngos-ngosan. Meski kalori yang dibakar lebih kecil, olahraga jenis ini ternyata memiliki banyak sekali kelebihan. Pertama, cocok untuk pria yang sedang membangun tubuhnya menjadi lebih berisi dan berotot.

Kombinasi Angkat Beban dan Kardio

Kalau Anda ingin mendapatkan efek dari dua olahraga ini, coba lakukan keduanya dengan durasi yang sesuai. Misal setelah angkat beban dilanjutkan dengan kardio selama beberapa menit. Kalau Anda kuat melakukan setiap hari bisa membagi satu hari angkat beban dan esoknya kardio, saat minggu semua dihentikan untuk istirahat.

Melakukannya Dengan Rutin

Buatlah aktivitas gym untuk menurunkan berat badan ini sebagai kebiasaan. Berat badan tidak akan berkurang apabila Anda tidak rutin melakukan gym. Sehingga, ketika muncul pertanyaan apakah gym bisa menurunkan berat badan? Anda sudah bisa menemukan jawabannya sendiri.

Dengan rutin pergi ke tempat gym, tubuh dan pikiran Anda akan dibiasakan untuk berolahraga. Dengan begitu maka penurunan berat badan akan lebih cepat dibanding olahraga yang dilakukan sesekali.