Diabetes adalah penyakit yang biasanya timbul karena kadar gula darah di atas batas normal. Kadar gula atau yang biasa disebut glukosa biasanya menumpuk di dalam darah karena tidak diserap dengan baik oleh sel tubuh yang mengakibatkan gangguan organ pada tubuh seseorang. Jika penyakit diabetes tidak dikontrol dengan baik maka dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan dari nyawa penderita diabetes. Agar terhindar dari penyakit diabetes yang bisa berujung fatal hingga menyebabkan kematian, sebaiknya kita mengenali jenis dan tanda-tanda seseorang yang terkena penyakit diabetes.

Diabetes mempunyai beberapa jenis, yang pertama diabetes tipe 1 yang sering terjadi pada anak-anak. Hormon insulin yang ada di dalam tubuh si pengidap penyakit diabetes sangat rendah sehingga mengakibatkan meningkatnya gula darah pada tubuh.

Selanjutnya ada diabetes tipe 2 yang biasanya terjadi pada orang berusia paruh baya. Kondisi ini terjadi karena disebabkan ketidakmampuan tubuh memproduksi hormone insulin, sehingga gula darah tidak bisa terserap dengan baik dan terjadi peningkatan pada tubuh.

Diabetes merupakan penyakit yang sering disebut silent killer yang diam-diam bisa membahayakan kesehatan kemudian berujung kematian. Kebanyakan orang sudah merasakan gejalanya namun belum menyadari atau bahkan diabaikan. Karena itu, sebaiknya kita mempelajari tanda-tanda awal gejala penyakit diabetess sebagai berikut:

  • Mudah lelah

Hormon insulin mengalami penurunan kinerja sehingga terjadi penumpukan gula darah atau glukosa. Yang mengakibatkan tubuh terasa lemas dan mudah lelah pada saat mengalami penyakit diabetes.

  • Kulit kering

Neuropati perifer atau kerusakan pada sistem saraf tepi biasanya terjadi pada penderita diabetes dan dapat mempengaruhi sirkulasi dan fungsi  kelenjar keringat sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

  • Mudah haus

Ginjal biasanya menyerap sebagian besar cairan tubuh sehingga mengakibatkan penderita mudah merasa haus, tanda seperti ini menjadi salah satu tanda paling umum yang terjadi pada penderita diabetes.

  • Penyembuhan luka yang lama

Dikarenakan hormon insulin pada tubuh tidak bekerja dengan baik, sistem kekebalan pada tubuh biasanya melemah dan membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama dari biasanya.

  • Penurunan berat badan yang drastis

Jika anda tiba-tiba mengalami penurunan berat badan secara drastis sementara anda tidak sedang diet atau menjalani program pembentukan badan, anda sebaiknya waspada karena hal ini bisa menjadi salah satu tanda awal anda terkena diabetes. Penurunan berat badan ini terjadi akibat ketidakmampuan tubuh untuk melepaskan energy pada tubuh.

  • Penurunan penglihatan

Penurunan penglihatan pada penderita diabetes disebabkan karena meningkatnya kadar gula darah yang merusak pembuluh darah dan mengurangi cairan yang ada dalam lensa mata. Hal ini lama kelamaan akan mempengaruhi dari penglihatan.

  • Mati rasa pada tangan dan kaki

Kelebihan kadar gula pada darah dapat berpengaruh terhadap sistem syaraf. Kondisi ini menyebabkan ketidakmampuan untuk merasa dan juga rasa seperti terbakar pada tangan dan kaki. Tak semua penderita mengalami gejala ini, namun biasanya terjadi pada seseorang yang sudah mengalami diabetes selama 5 tahun.

  • Sakit kepala

Sakit kepala juga menjadi salah satu tanda gejala diabetes, penderita penyakit diabetes merasakan sakit kepala yang amat terasa sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

  • Infeksi kulit

saat sistem kekebalan pada tubuh menurun, kemungkinan adanya infeksi kulit dan luka yang membutuhkan waktu lama untuk proses penyembuhan.

  • Rasa lapar yang berlebihan

Pada saat mengidap penyakit diabetes, cairan dalam tubuh banyak yang dikeluarkan sehingga meningkatkan rasa lapar pada penderita diabetes.