Kanker paru-paru merupakan suatu kondisi yang menyebabkan sel membelah di paru-paru dengan tidak terkendali, yang mengakibatkan tumbuhnya tumor, yang akhirnya mempengaruhi kemampuan bernafas seseorang. Menurut American Lung Associaton, rokok dapat menyebabkan kanker paru-paru. Asap rokok mengandung karsinogen (zat penyebab kanker), sehingga semakin sering kamu menghirup asap rokok, maka akan semakin besar juga risiko kamu terkena kanker paru-paru. Kanker paru merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak diderita masyarakat.

Kanker paru menempati peringkat pertama sebagai penyebab kematian tertinggi akibat kanker di dunia, yaitu 1,7 juta kematian pada tahun 2015, menurut World Health Organization (WHO). Salah satu penyebab angka kematian yang tinggi ini adalah akibat sulitnya mendiagnosis gejala yang ditimbulkan dari kanker paru secara dini, sehingga banyak kasus kanker paru baru terdiagnosis ketika telah memasuki stadium lanjut yang sulit tertangani. Berikut gejala awal yang akan Anda rasakan jika mengidap kanker paru – paru :

1. Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh

Batuk sangat umum terjadi. Anda dapat batuk akibat demam atau karena tersedak. Namun, jika batuk tidak segera berhenti setelah demam hilang atau tidak membaik setelah diobati, Anda perlu mengunjungi dokter untuk memeriksa paru atau X-ray.

2. Sering Merasakan Sesak Napas Setelah Beraktivitas

Jika Anda sering merasa sesak napas atau napas Anda berbunyi, hal ini dapat menjadi gejala kanker paru. Anda dapat memiliki kesulitan bernapas akibat tumor yang menghalangi saluran pernapasan atau cairan di sekitar paru meningkat, sehingga menekan paru Anda. Karena normal untuk merasa sesak napas, sering kali kita mengabaikannya.

3. Nyeri di Bagian Dada

Kanker paru juga dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian dada, bahu, atau punggung. Biasanya rasa nyeri ini bersifat tajam, tumpul, muncul secara terus menerus, atau kadang hilang timbul. Rasa nyeri di dada ini bisa menyerupai tanda penyakit jantung, tetapi nyeri dada akibat kanker paru biasanya akan terasa semakin berat ketika menarik napas dalam, batuk, atau tertawa.

4. Terjadi Perubahan Terhadap Suara 

Suara yang serak umumnya terjadi karena peradangan dalam tenggorokkan dan pernapasan. Namun, jika suara berubah menjadi serak secara tiba-tiba dan berlangsung lebih dari dua minggu, maka Anda patut waspada. Bisa jadi perubahan suara ini merupakan gejala dari kanker paru.

5. Terjadi Penurunan Berat Badan

Biasanya orang yang menderita penyakit kanker, termasuk kanker paru, akan kehilangan berat badan secara drastis. Hal ini disebabkan oleh sel kanker yang menggunakan semua energi dan nutrisi tubuh.

Selain gejala yang telah dijelaskan di atas, terdapat pula beberapa tanda lainnya yang dapat mengindikasikan kanker paru, seperti demam, mudah lelah, kesulitan makan atau menelan, kehilangan nafsu makan, jari membengkak, dan munculnya benjolan yang mencurigakan pada tubuh Anda