Bagi sebagian pria, bangun tidur di pagi hari katanya susah-susah gampang, bener nggak guys?! Semoga kamu bukan salah satunya ya, karena bangun tidur di pagi hari banyak memiliki manfaat untuk kehidupan dan kesehatan tubuhmu sehari-harinya.

Kadangkala, sebagian pria akan susah tidur di malam hari, sehingga bangun tidur di pagi hari pun susah. Pola istirahat yang seperti ini seringkali membuat banyak orang akan mengalami peningkatan stres. Nggak sedikit yang harus berhadapan dengan masalah karena terlambat bangun tidur di pagi hari. Misalnya, di suatu pekerjaan ia akan banyak sekali mengalami permasalahan-permasalahan di tempat kerjanya.

Idealnya, seseorang membutuhkan waktu istirahat (tidur) selama 8 jam per hari. Jika waktu tidurmu tidak tercukupi, maka jangan heran ya kalau kamu akan kesulitan membuka mata di pagi hari. Segera perbaiki siklus atau jam istirahatmu lebih teratur lagi, dan mulai hentikan kebiasaan burukmu untuk tidur larut malam. Buatlah target untuk memperbaiki siklus tidur ini selama minimal 1 bulan.

 

Nah, kamu nggak usah khawatir, kami telah menemukan beberapa sumber dan mengutip dari sumber terpercaya kesehatan untuk mengatasi masalah waktu tidurmu agar bisa bangun tidur di pagi hari.

  • DISIPLIN WAKTU TIDUR

Nah, ini pasti akan sulit sekali diterapkan oleh seorang pria, tapi bagi yang mampu maka ia termasuk orang yang hebat dan disiplin dalam kesehatan tubuhnya sendiri. Disiplin merupakan salah satu cara untuk memperbaiki pola tidur. Usahakan, tetapkan jadwal tidur yang harus kamu patuhi setiap malamnya, jika tidak ada hal atau kegiatan yang mendesak (urgent). Misalnya saja, tidur di malam hari pada pukul 21.30 dan bangun tidur di pagi hari pada pukul 06.00 waktu setempat. Jika kamu bisa konsisten selama 1 bulan penuh, maka tubuhmu akan terbiasa dan tubuh akan terasa segar dan bugar.

 

  • PAKSAKAN DIRI BANGUN TIDUR DI PAGI HARI

Nyalakanlah alarm setiap harinya, dengan menyetelnya pada pukul 04.30 dan pukul 05.00. Jika di waktu awal alarm kamu sudah mendengarnya, kemudian tertidur lagi, maka di waktu alarm yang kedua akan bisa membangunkanmu. Sebelum tidur di malam harinya, niatkanlah untuk bangun tidur di pagi hari sesuai dengan waktu alarm yang telah kamu setel. Jika di waktu kedua alarm ini tidak berhasil membangunkanmu dan tergoda ingin tetap tidur, maka paksakan untuk segera bangun tidur, lalu duduk, berdiri dan nyalakan lampu kamarmu. Atau kamu bisa juga membuka tirai jendela agar sinar matahari bisa masuk kedalam kamarmu dan menerangi ruanganmu.

 

  • OLAHRAGA SECARA RUTIN

Tips yang patut kamu lakukan selanjutnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga secara rutin adalah untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas tidurmu agar tidak susah bangun tidur di pagi hari. Kamu bisa memilih jenis olahraga seperti fitness, jogging, berenang atau jalan santai. Atau kamu bisa juga dengan melakukan olahraga ringan di tempat tidurmu dengan gerakan seperti dibawah ini :

– Berbaring di tempat tidur dengan posisi terlentang, kaki lurus dan lengan berada di samping tubuh;

– Tarik nafas dalam-dalam, kemudian angkat kaki kanan sehingga kaki dan pinggul membentuk sudut 90 derajat sambil menghembuskan nafas;

– Ulangilah gerakan di atas dengan merubah posisi bergantian dengan kaki kiri;

– lakukanlah selama kurang lebih 5 menit hingga 7 menit.

 

Nah, jika kamu bisa menjalaninya dan mendapatkan hasilnya, kamu bisa posting di media sosialmu dan tag akun official kami, dan akan kami repost ke media sosial official kami. Ingat keluarga, prioritaskan menjaga kesehatan keluargamu.