Sayuran yang satu ini sering sekali kita jumpai di beberapa masakan khas Indonesia. Nggak hanya kita jumpai pada makanan, misalnya pada lalapan ayam atau ikan akan dikolaborasikan dengan mentimun. Tapi, tahukah kamu bahwa mentimun memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Mentimun memiliki beberapa kandungan, diantaranya terdapat beta karoten, mangan, vitamin C, serta beberapa antioksidan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini dapat mengundang sejumlah penyakit, seperti diabetes, penyakit Alzheimer, dan penyakit jantung.

 

Beberapa khasiat jika kita mengkonsumsi mentimun adalah sebagai berikut :

  • Menurunkan Tekanan Darah

Khasiat ini merupakan khasiat yang paling terkenal bagi penderita tekanan darah tinggi, khususnya pada orang tua. Dengan mengolah mentimun menjadi infused water, minuman ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, karena mentimun mengandung kalium yang dapat mengatur jumlah garam dan ginjal dalam tubuh.

 

  • Mencegah Dehidrasi

Kebanyakan orang yang minum air mineral sebanyak enam hingga delapan gelas per hari memiliki tujuan untuk memperbaiki sistem dalam tubuh agar berfungsi lebih baik lagi. Tetapi jika bosan dengan air mineral, kamu dapat memasukkan beberapa mentimun ke dalam air untuk membuat infused water. Tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah tinggi saja, tetapi infused water juga akan memberikan tambahan rasa dan mendorong kamu untuk minum lebih banyak lagi.

 

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Beberapa kandungan yang terdapat pada mentimun, seperti silikon, kalium dan fluorin, dapat membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa-sisa metabolisme dan deposit lemak dalam tubuh. Caranya sangat mudah, yakni dengan mengonsumsi air perasan buah mentimun segar. Kamu bisa melakukannya dengan rutin, sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.

 

  • Menurunkan Berat Badan

Eits… Nggak nyangka kan, bahwa buah mentimun bisa menurunkan berat badan. Buat kamu yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, salah satu asupan yang bisa dicoba adalah mentimun. Jus atau air mentimun membantu mengurangi kalori dalam tubuh. Ketika kamu merasa lapar, hal ini tidak melulu berkaitan dengan asupan makanan yang kurang, namun kondisi ini juga menandakan bahwa tubuhmu kekurangan cairan. Infused water mentimun dapat membantumu merasa lebih kenyang dengan kadar kalori yang sangat rendah. Jika kamu sudah tidak merasa lapar lagi setelah minum air mentimun, mungkin saja kamu hanya merasa haus.

 

  • Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Mentimun memiliki sifat diuretik atau bisa memicu produksi air seni. Dengan begini, hal tersebut akan semakin sering mendorong bakteri, racun-racun dan zat hasil dari metabolisme tubuh untuk keluar dari tubuh melalui urine. Cara ini dikenal dengan nama detoksifikasi. Tubuh pun akan menjadi lebih segar.

So, bro. Membuat infused water sangat mudah, dan untuk mendapatkan mentimun sangat mudah dijumpai atau dibeli di warung-warung sekitar tempat tinggalmu. Jadi tunggu apalagi, jika sudah tahu khasiatnya, bisa kamu buktikan sendiri hasilnya.