Apa sih yang kamu inginkan dengan menjalani pola hidup sehat (dengan melalui program fitness) ?

Bagi seorang fitness mania pemula, sebagian besar akan menjawab : ingin menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, terlihat berotot di depan pasangan, sebagai pembelaan atau penjagaan diri dari tindakan-tindakan kriminal, ikut-ikutan teman, dan masih banyak lagi jawaban-jawaban yang unik bagi seorang fitness mania pemula.

Nggak menutup kemungkinan juga, bagi yang sudah lama menjalani program fitness, jawaban mereka juga seperti itu. Unik kan?! Tapi, ada satu jawaban yang akan kita fokuskan di pembahasan artikel kali ini, yaitu massa otot. Ya, hampir 40% mereka ingin meningkatkan massa otot mereka, dan inilah yang menjadi fokus utama ketika latihan. Sehat dan bugar? Sudah pasti, ini nilai otomatis ketika menjalankan program fitness.

Kuncinya, jika kamu ingin meningkatkan massa otot, ada cara jitu dan cara cepat untuk meningkatkan massa otot tubuhmu.

  • Angkat Beban

Ini dia, aktifitas utama yang paling jitu untuk meningkatkan massa otot dengan cepat. Misalnya, angkat beban bisa dilakukan dengan push up atau dengan alat-alat fitness yang ada di gym. Menimbang hasilnya, massa otot akan lebih cepat meningkat jika dilakukan di gym. Buat tantangan pada tubuhmu, untuk meningkatkan terus beban-beban alat fitness yang kamu gunakan. Kombinasikan aktifitas kardio dengan angkat beban setiap pekannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika latihanmu jarang-jarang (tidak rutin), massa ototmu tidak akan bisa meningkat secara cepat dan maksimal.

  • Protein dan Kalori

Protein merupakan salah satu kunci dari mempercepat peningkatan massa otot. Minimal protein yang diperlukan tubuh adalah sebesar 1,5% dari berat badan, perharinya. Misalkan, berat badanmu 60 Kg, maka setiap harinya protein yang dibutuhkan oleh tubuhmu adalah sebesar 90 Gram. Setelah itu, pastikan kalori yang dikonsumsi tubuhmu tidak terlalu rendah. Sangat dianjurkan menghindari makanan gorengan, snack, fast food. Yang dianjurkan adalah memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber kalori lainnya yang sehat. Bantu juga dengan beberapa suplemen yang dapat meningkatkan massa otot.

  • Durasi Istirahat

Dalam sehari, lamanya waktu yang dibutuhkan oleh tubuh agar otot dapat berkembang dengan baik adalah 7 jam sehari. Istirahatlah dengan cukup, dan jangan terlalu singkat untuk beristirahat dan jangan lebih dari waktu yang telah ditentukan. Sangat mudah dilakukan jika kamu sudah punya tekad yang kuat untuk meningkatkan massa otot tubuhmu.

  • Strategi Latihan Yang Efektif

  1. Minimal latihan angkat beban adalah sebanyak 2 hingga 3 kali dalam latihan sepekan. Tidak setiap hari melakukan latihan angkat beban, ini salah. Otot-otot pada tubuhmu membutuhkan waktu untuk memperbaiki dirinya di setiap sesi latihan. Tanpa waktu istirahat yang cukup, mustahil dapat meningkatkan massa otot dengan cepat dan baik.
  2. Di hari-hari ketika sedang tidak latihan angkat beban, tubuh harus tetap aktif scara fisik, bisa dengan aktifitas jogging, berenang, bersepeda, atau berjalan cepat. Tidak perlu waktu yang lama dalam satu kali latihan, cukup dengan 45 menit saja.
  3. Mengelompokkan otot-otot yang berbeda di hari yang berbeda. Pisahkan dan kelompokkan otot-otot tubuhmu dalam setiap sesi latihan. Buatlah sebuah jadwal latihan otot, dan rutinkan atau lakukan dengan konsisten. Dengan begini, otot-otot yang terlatih akan teratur terbentuk dan massa otot bisa meningkat dengan cepat.

Buktikan sendiri cara jitu meningkatkan massa otot dengan cepat dan baik. Minimal hasil akan terlihat jika kamu rutin latihan dan konsisten selama 3 bulan. Hasil ditentukan oleh tekad dan niat pada dirimu untuk meningkatkannya. Tidak akan berhasil jika kamu jarang-jarang berlatih. Semoga berhasil dan mendapatkan hasil maksimal.