Kamu sering minum Lemon Tea Ice? atau penggemar minuman buah lemon?

Sudah tahu belum kalau buah lemon punya beberapa manfaat untuk kesehatan tubuhmu? Nah, bagi yang belum tahu, simak sebentar yuk manfaat-manfaat apa saja dari buah lemon ini.

Menurunkan Berat Badan

Pas banget buat kamu yang sedang menjalani program menurunkan berat badan dengan cara menjalani program fitness, ayo selingi dengan minum buah lemon dengan cara diolah menjadi jus lemon. Rutin meminum jus lemon dapat membuka jalan untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Kamu bisa mengolah jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu. Selalu ada jalan untuk menurunkan berat badan dengan cepat, dengan fitness dan diiringi dengan menjaga pola makan dan pola istirahat.

Mengobati Rematik

Badan sering capek atau memiliki rematik, segera terapi dengan buah lemon. Buah lemon (sari dari buah lemon/air lemon) dapat membantu mengobati rematik serta radang sendi karena buah ini memiliki sifat diuretik, dengan cara mengeluarkan bakteri dan racun dari tubuh.

Antibodi

Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C pada buah lemon bisa memberikan antibodi tambahan. Salah satu ahli medis dunia, yaitu Roxanne B. Sukol, Direktur Medis dari Cleveland Clinic’s Wellness Enterprise mengatakan : “Tentu saja, lingkungan asam di perut berfungsi sebagai penghalang patogen penyebab penyakit”. Zat kimia dalam buah lemon yang dikenal sebagai fitonutrien memiliki sifat antioksidan yang juga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Sari dari buah lemon (air lemon) merupakan salah satu tambahan yang baik untuk rutinitas pagi, sebab bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga menjaga berat badan tetap sehat dan aktif. Minum sebanyak tiga kali sehari (atau rutin) dapat juga membantu mempercepat metabolisme serta memberikan rasa kenyang. Manfaat ini akan lebih besar lagi jika kita meminum air lemon dalam keadaan dingin.

Melancarkan Pencernaan

Selain meningkatkan antibodi, rasa asam dari buah lemon dapat membantu mencerna makanan dengan baik. Flavanoid jeruk dalam buah lemon dapat membantu asam di perut memecah makanan, sehingga memperbaiki pencernaan secara keseluruhan. Membantu kelancaran pencernaan sangat penting seiring dengan bertambahnnya usia karena jumlah asam di perut menurun seiring bertambahnya usia.

Salah satu studi mengungkapkan bahwa lebih dari 30% pria dan wanita di atas usia 60 tahun menderita gastritis atrofi, suatu kondisi yang ditandai sedikit atau tidak adanya asam lambung. Selain itu, kalau kamu menambahkan irisan buah lemon dan parutan lemon ke air, ada manfaat pektin, serat yang ditemukan pada daging buah dan kulitnya. Banyak penelitian telah menunjukkan serat dapat memperbaiki pencernaan dan kesehatan usus.

 

Eits… Perhatikan juga efek samping dari Buah Lemon ini.

Air lemon pada umumnya sangat aman untuk diminum, namun asam pada buah lemon dapat merusak email gigi secara perlahan bila sering meminumnya, yang membuat gigi lebih rentan terhadap gigi berlubung.

Tapi, jangan khawatir, ada cara amannya. Untuk menghindari efek sampingnya, minumlah air lemon menggunakan sedotan bila memungkinkan, untuk menghindari kontak langsung dengan gigi. Kemudian, bilaslah mulut dengan air setelah minum air lemon. Jika ingin menyikat gigi setelah minum air lemon, sebaiknya tunggu dulu hingga satu jam. Jika langsung menyikat gigi setelah minum air lemon, dapat merusak email gigi, karena sifat asam dari air lemon dapat melunakkan email gigi sehingga menyebabkan kerusakan dan rentan gigi berlubang.

Kesimpulannya, air lemon ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, hanya saja tetap perhatikan cara minum dan apa saja efek samping yang ditimbulkan dari suatu makanan atau minuman.