Dalam beraktivitas, setiap orang membutuhkan stamina. Bahkan, stamina juga diperlukan ketika kamu  berpikir sekalipun. Stamina merupakan kekuatan dan energi yang mampu mendukung kegiatan kita secara fisik maupun mental dalam jangka waktu yang lama.Saat kamu sakit tentu stamina dalam tubuhmu akan berkurang. Maka itu, kamu perlu memulihkan stamina sehingga tubuh mampu berkegiatan seperti sedia kala. Setelah sakit, badan memang belum bisa pulih 100% seperti sedia kala. Selama masa pemulihan, tubuh membutuhkan adaptasi kembali dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut merupakan tips yang bisa kamu lakukan selama masa pemulihan stamina agar tubuh kembali bugar setelah sakit :

1.Mulailah yoga dan bermeditasi

Bayangkan ketika stamina tak terkumpul secara optimal. Sementara, setelah pulih ada banyak pekerjaan yang menunggumu. Salah satu cara memulihkan stamina adalah dengan bermeditasi atau yoga. Keduanya mampu membuat kamu lebih rileks dan fokus. Melakukannya secara konsisten dapat mengurangi stres dan mendongkrak stamina. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa meditasi atau yoga mampu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan tubuh.

2.Perbanyak minum air agar tubuh tetap terhidrasi

Jaga tubuh agar terhidrasi adalah salah satu cara memulihkan stamina tubuh. Paling tidak, setiap orang harus minum 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya. Untuk memastikan apakah kamu kekurangan minum atau tidak, cobalah untuk memeriksa warna urin. Jika urin berwarna kuning gelap, itu tandanya kamu kurang minum. Namun, jika warna kuning terang hingga bening, artinya kamu cukup minum.

3.Penuhi kebutuhan gizi

Usai sakit, biasanya tubuh masih terasa lemas. Cobalah untuk makan lebih banyak dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, sebagai cara untuk memulihkan stamina. Kamu bisa makan dalam porsi kecil tetapi sering sepanjang hari. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks biasanya memakan waktu yang lebih lama untuk diserap tubuh, serta mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

4.Olahraga secara rutin

Rasanya pasti melelahkan dan berat untuk memulai olahraga. Meskipun sulit, dorong dirimu untuk melakukan aktivitas fisik. Karena cara ini ini mampu memulihkan stamina setelah sakit.Misalnya, bersepeda, jalan pagi, atau jogging. Melakukan olahraga secara rutin dapat menambah semangat dan kualitas hidup secara keseluruhan. Secara efisien, olahraga mampu memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru, maupun otot. Aktivitas fisik dapat memenuhi stamina tubuhmu.

5.Istirahat yang cukup dan berkualitas

Meskipun kamu perlu beraktivitas fisik selama pemulihan, tapi jangan abaikan waktu istirahat. Kurang waktu tidur dapat meningkatkan kelelahan, sehingga kamu jadi kembali tak bertenaga pada keesokan harinya. Untuk itu sangat penting untuk istirahat yang cukup dan berkualitas sehingga stamina dapat meningkat dan mengurangi rasa lelah. Jadi sangat  penting ya untuk mengatur jam tidur dan istirahat. Setidaknya setiap orang butuh waktu paling tidak 10 menit untuk beristirahat di sela-sela aktivitas. Sementara itu, kualitas jam tidur seseorang setidaknya 7-8 jam setiap harinya