Gym menjadi pilihan banyak orang untuk berolahraga. Hal tersebut dikarenakan gym menawarkan banyak fasilitas dan alat olahraga yang bisa kamu pakai demi tercapainya bentuk tubuh ideal. Gym juga biasanya dilengkapi oleh  trainer professional untuk membantu para member meraih mendapatkan bentuk tubuh ideali itu. Namun berolahraga di gym juga bisa membuat kamu cedera jika kamu tidak hati- hati dan masih melakukan kebiasaan ini saat ngegym.  Beberapa kebiasaan olahraga di tempat gym tanpa disadari bisa menyebabkan risiko cedera yang lebih besar. Untuk tahu info lebih lengkapnya simak penjelasan berikut :

  1. Mengangkat beban terlalu berat

Mengangkat beban yang terlalu berat di luar batas toleransi tubuh bisa menyebabkan otot menegang atau bahkan robek, hingga mencederai punggung, bahu, bahu dan lutut. Beban besi yang terlalu berat juga berisiko membuat kamu tanpa sadar jadi mengayunkan beban ke lantai, bukannya dijatuhkan perlahan, sehingga membuat kamu kehilangan kontrol keseimbangan. Pada akhinya, selain mengurangi keefektifan latihan ini juga bisa menyebabkan cedera. Menurut panduan untuk melatih kekuatan otot dari American College of Sports Medicine, kamu sebaiknya mengangkat beban yang beratnya kira-kira 60 sampai 70 persen dari beban terberat yang masih mampu kamu angkat dalam satu kali angkat.

  1. Melewatkan pemanasan

Jika kamu kekurangan waktu, kamu mungkin akan melewatkan pemanasan dan langsung memulai latihan. Sebenarnya pemanasan adalah salah satu bagian terpenting dari rutinitas latihanmu  karena melakukan pemanasan atau gerakan ringan sebelum memulai latihan dapat meningkatkan denyut jantung secara bertahap, meningkatkan oksigen ke tubuh dan meningkatkan aliran darah ke otot. Tidak hanya itu, pemanasan juga membuat olahraga yang kamu lakukan lebih nyaman dan mencegah cedera dengan meningkatkan elastisitas otot. Selalu luangkan waktu lima sampai sepuluh menit ekstra sebelum berolahraga dan lakukan pemanasan dengan sedikit kardio ringan. Mulailah dengan kecepatan yang mudah dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap sampai kamu latihan dengan intensitas yang lebih tinggi.

  1. Latihan terlalu lama

Respon fisiologis saat berlatih adalah dilepaskannya hormon tertentu dalam aliran darah, seperti testosteron dan dopamin. “Latihan lebih dari 45 sampai 55 menit per latihan dapat menjadikan tubuh dalam kondisi hormon negatif,” lanjut Ebner.Latihan terlalu banyak dapat memicu kelelahan adrenalin hingga pengurangan performa tubuh dalam jangka panjang. Hal di atas bila dilakukan secara tersendiri atau pun bersamaan, akan berdampak buruk pada tujuan olahragamu dan bisa mengakibatkan cedera. Oleh karena itu penting untuk membatasi waktu latihan agar tubuh tetap terjaga kebugarannya

  1. Teknik dan gerakan yang keliru

Teknik yang salah bukan hanya akan mengganggu latihanmu, tetapi juga dapat membahayakan tubuhmu  Cara yang salah mengoperasikan suatuu alat atau memulai suatu latihan dengan postur tubuh yang salah dapat menyebabkan cedera. Secara umum, melakukan teknik yang baik memastikan kamu mendapatkan hasil maksimal dari setiap latihan.

  1. Kurang istirahat

Jika kamu berkomitmen untuk berlatih kebugaran, maka kamu  pun harus memulai komitmen serupa pada perubahan pola hidup yang lebih baik, termasuk salah satunya tentang istirahat yang cukup. Kamu tidak harus tidur minimal delapan jam sehari layaknya anak kecil, melainkan lebih kepada peningkatan kualitas tidur, sehingga bangun tidur menjadi lebih bersemangat.Seluruh keringat dan lemak yang terbuang selama sesi olahraga rutin di tempat gym akan terbuang percuma jika kamu  tidak cukup beristirahat. Berolahraga terlalu keras dapat menyebabkan otot cedera, karena kamu tidak memberi waktu sel otot untuk memulihkan diri dan membangun kembali