Bukan hanya wanita saja yang menginginkan rambut sehat dan indah. Para pria juga menginginkan agar rambutnya sehat, indah. dan terbebas dari ketombe. Rambut yang sehat dan indah tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pria dan membuat penampilan semakin percaya diri. Agar mendapatkan rambut yang sehat dan indah pria perlu melakukan perawatan rambut. Perawatan rambut ini umumnya bertujuan untuk merawat rambut dari berbagai masalah yang datang. Dengan begitu, rambut akan tetap terlihat sehat, tidak mudah rontok, dan juga tidak kering  Sama seperti wanita, rambut pria juga tak lepas dari risiko sejumlah masalah, seperti ketombe dan kerontokan. Penyebab rambut rontok pada pria sendiri ada berbagai macam, mulai dari penggunaan produk perawatan rambut yang salah, kurang gizi, hingga penyakit sekalipun.

Namun, hal tersebut dapat dihindari jika kamu melakukan tips perawatan rambut pria berikut ini:

  1. Jangan keramas terlalu sering

Cara merawat rambut pria yang pertama adalah, jangan keramas terlalu sering. Kamu mungkin berpikir bahwa keramas lebih sering akan membuat rambut lebih bersih sekaligus menyehatkan. Faktanya, hal tersebut adalah suatu kekeliruan. Alih-alih sehat, rambut dan kulit kepala justru jadi mudah kering karena kandungan sampo dapat menurunkan kelembapan alaminya. Ini tentu akan memperburuk kondisi jika kamu seorang pria dengan jenis rambut kering.Oleh sebab itu, sebaiknya jangan sering-sering berkeramas. Para ahli berpendapat bahwa idealnya mencuci rambut dengan sampo dilakukan setiap 2-3 hari sekali.

  1. Gunakan sampo dan kondisioner yang tepat

Ada beberapa sampo yang diformulasikan khusus untuk berbagai jenis rambut pria, seperti rambut kering, berminyak, atau normal. Selain itu, ada juga sampo yang berfungsi untuk mengatasi masalah pada rambut pria, seperti sampo antiketombe. Pastikan sampo yang digunakan sesuai dengan permasalahan dan jenis rambut Anda. Penggunaan sampo untuk pria yang tidak tepat dapat memicu masalah rambut di kemudian hari, entah itu rambut rontok atau menjadi kering. Tak hanya wanita, pria juga perlu memakai kondisioner, khususnya pria dengan rambut kering.Kondisioner bertujuan untuk melembapkan, menghaluskan, dan membuat rambut jadi tampak lebih berkilau.Oleskan kondisioner pada batang rambut . Diamkan selama 2-3 menit sebelum dibilas.

  1. Hindari menggosok rambut yang masih basah dengan handuk

Langkah selanjutnya dalam merawat rambut pria agar tetap sehat adalah menghindari menggosok rambut yang basah dengan handuk. Namun sebaiknya mengibaskan atau menyugar rambut terlebih dahulu untuk menyingkirkan butiran-butiran air sisa mandi.Menggosok rambut yang masih sangat basah dengan handuk berisiko merusak lapisan luar rambut (kutikula).

  1. Cukur rambut secara rutin

Mencukur rambut secara rutin menjadi tips perawatan rambut pria lainnya yang tidak boleh dilewatkan, terutama jika kamu merupakan pria dengan rambut panjang alias gondrong.Cukurlah rambut setiap sekitar 3 bulan sekali untuk menjaga rambut tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Memotong rambut secara rutin juga membantu menjaga ujung rambut tetap sehat.

  1. Hindari alat pengering rambut bertenaga panas

Menggunakan alat pengering rambut (hair-dryer), pelurus rambut (jika rambut pria keriting), atau pengeriting rambut juga sebaiknya dihindari jika ingin rambut  senantiasa terawat. Terutama untuk kamu yang memiliki rambut panjang.Pasalnya, alat-alat tersebut menghasilkan panas yang lama-kelamaan dapat merusak rambut dan bisa menyebabkan kebotakan pada rambut pria.

  1. Makan makanan bergizi

Tips perawatan rambut pria yang terakhir adalah dengan banyak mengonsumsi makanan bergizi. Memenuhi kandungan nutrisi dapat menjaga kesehatan rambut dari dalam.Makanan-makanan tersebut antara lain yang mengandung sejumlah zat dan nutrisi seperti makanan yang mengandung Vitamin A, B, C, D . Makanan yang mengandung vitamin tersebut berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut,  memproduksi sel darah merah yang nantinya bertugas untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk rambut.