Pada masa pandemi virus corona seperti sekarang, penting untuk menjaga kesehatan pernapasan. Terlebih seperti diketahui, virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 tersebut pertama-tama menyerang sistem pernapasan. Menjaga kesehatan organ pernapasan akan memberikan manfaat bagi kesehatan, dengan menjaga kesehatan organ pernapasan aktivitas akan menjadi lancar dan meningkatkan kualitas hidup.

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ pernapasan:

1.Olahraga Teratur dan Rutin

Olahraga yang teratur dan rutin bisa mempengaruhi kesehatan organ pernapasan Hal ini menjadi bagian terpenting yang harus diperhatikan. Ketika berolahraga kinerja paru-paru akan meningkat, serta dapat menyehatkan jantung sebagai pemompa peredaran darah ke seluruh tubuh. Tidak perlu memakan waktu yang banyak untuk berolahraga, cukup hanya 10 hingga 30 menit saja. Dengan begitu, sistem pernapasan akan berjalan baik dan terjaga.

2.Tidak merokok

Kebiasaan yang paling bayak menyebabkan kerusakan organ pernapasan adalah merokok. Jadi, salah satu cara menjaga organ pernapasan yang paling efektif adalah dengan tidak merokok. Merokok diketahui menjadi salah satu pemicu sakit paru-paru. Maka dari itu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan organ ini adalah dengan menghindari atau berhenti merokok. Tidak hanya perokok aktif, orang yang tidak merokok juga disarankan untuk menjauh asap rokok, terutama di ruangan tertutup.

3.Pola Makan Sehat

Pola makan tentu harus diperhatikan. Sudah saatnya untuk melakukan pemilihan bahan-bahan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Hal itu bisa dimulai dengan menghindari jenis makanan yang memiliki kandungan zat berbahaya karena dapat memengaruhi kesehatan paru-paru. Cobalah mulai rutin mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, karena zat yang terkandung di dalamnya itu dapat menjaga organ pernapasan tetap sehat.

4.Mendapatkan vaksin

Covid-19 memang belum ada vaksinnya. Namun, penyakit pernapasan bukan cuma itu. Penyakit pernapasan lain seperti influenza, pneumonia, hingga TBC bisa dicegah dengan efektif apabila Anda menerima vaksin. Dengan menghindari berbagai penyakit pernapasan tersebut, maka kesehatan organ pernapasan pun akan lebih terjaga.

5.Menghindari paparan polusi

Terus-menerus terpapar polusi, bisa membuat organ pernapasan, terutama paru-paru, terganggu. Ingat, polusi bukan hanya asap kendaraan. Asap rokok, asap pabrik, hingga bahan kimia yang terlepas ke udara juga bisa merusak sistem pernapasan. Tidak hanya di luar ruangan, polusi juga dapat ditemukan di dalam rumah. Polusi di dalam rumah dapat lebih berbahaya bagi paru-paru karena ruangan yang kedap dan tertutup. Untuk itu, pastikan menggunakan masker di tempat yang rentan banyak polutan. Selain itu, buat sirkulasi udara di rumah selalu sehat dengan memaksimalkan ventilasi udara.

6. Minum air mineral yang cukup

Mengonsumsi air mineral bukan hanya mencegah tubuh dari dehidrasi, namun juga salah satu tindakan dalam  merawat organ pernapasan. Air mineral dapat menjaga lapisan mukosa di paru-paru tetap tipis. Lapisan yang lebih tipis ini membantu paru-paru berfungsi lebih baik. Selain itu, air mineral juga bisa membuat mukus atau lendir di sepanjang saluran pernapasan agar tetap encer, tujuannya agar tidak menyumbat pernapasan. Semakin encer mukus, semakin baik juga berjalannya fungsi paru-paru.

Inilah beberapa cara yang bisa  dilakukan untuk menjaga kesehatan terutama paru-paru atau organ pernapasan. Ingat untuk selalu jaga kesehatan dan kebugaran tubuh di tengah wabah pandemi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.