Plank adalah latihan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Gerakan ini fokus utamanya adalah perut dan inti tubuh. Latihan ini dapat membangun kekuatan, ketahanan, dan keseimbangan tubuh.

Posisi plank tidak jauh berbeda dengan push up. Kamu hanya menahan posisi selama beberapa menit dengan menumpukkan tubuh pada tangan dan kaki.

Untuk manfaat yang maksimal, kamu bisa melakukan gerakan plank dengan tepat, pilihlah tempat latihan yang cukup luas untuk merentangkan tubuh. Kamu hanya perlu melakukan plank ini selama 10-15 detik kalau belum terbiasa, bila sudah terbiasa kamu bisa menambah durasi hingga maksimal 2 menit.

Plank memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh meliputi :

  • Membakar Lemak Perut

Dengan melakukan plank bukan hanya dapat memperkuat dan menstabilkan otot inti, tapi dapat mengencangkan otot kaki, lengan, paha. Serta bokong. Plank dapat membakar lebih banyak kalori dari sit up atau crunch. Efek pembakaran kalori ini dapat bertahan sampai setelah anda selesai melakukan latihan plank.

Jumlah kalori yang dibakar selama latihan tergantung pada berat badan kamu dan berapa lama kamu melakukan plank.

  • Mengurangi Nyeri Punggung

Plank dapat menjaga kesehatan punggung dan mengurangi nyeri di area punggung. Plank akan membuat risiko cedera menjadi lebih minim.

Plank bertujuan untuk melatih kekuatan otot inti tubuh, otot ini berfungsi untuk menstabilkan tubuh saat melakukan gerakan apapun.

  • Memperbaiki Postur Tubuh

Latihan plank bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh yang bungkuk disebabkan oleh inti tubuh yang lemah, karena dapat memperkuat otot bahu, punggung atas dan punggung bawah yang berperan besar terhadap postur tubuh. Selain itu, plank juga sangat cocok untuk kamu yang bekerja kantoran, untuk mencegah postur tubuh yang meringkuk karena aktivitas sehari-hari yang lebih banyak duduk.

  • Mengencangkan Perut

Latihan plank yang dilakukan secara rutin dapat memberikan kamu otot perut yang kencang.

Dengan otot inti yang kuat dapat membantu kamu dalam mengoptimalkan proses metabolisme tubuh untuk membersihkan racun, penyerapan gizi dan pengaturan keseimbangan hormone agar lebih efesien.