Tidur nyenyak dan berkualitas adalah awal mula dari aktivitas yan lancar. Tidur yang nyenyak dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Bila tidur malam tidak berkualitas kana sangat mempengaruhi energy saat beraktivitas di siang hari. Kurang tidur dapat menganggu keseimbangan emosional dan mempengaruhi berat badan. Tidur akan memberi kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak serta membangun yang baru.

Menjaga irama tidur sangat penting untuk memastikan jam biologis tubuh tetap berjalan baik. Jam biologis tubuh sangat penting dalam mengatur kapan tubuh harus beristirahat dan beraktivitas. Jika pola tidur berantakan akan menyebabkan kita rentan mengalami sakit.

Untuk mencegah jam tidur yang berantakan, kalian dapat menjaga kualitas tidur. Nah! Berikut tips untuk menjaga kualitas tidur.

  • Membuat Jadwal Tidur

Untuk memperbaiki pola tidur hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengatur jadwal tidur yang konsisten. Cobalah untuk tidur dan bangun di jam yang sama.

Hindari tidur siang yang terlalu lama karena dapat mempersulitmu untuk tidur saat malam. Tidur siang baik dilakukan setelah makan siang atau di sore hari selama 20 menit.

  • Menciptakan Suasana Tidur Yang Nyaman

Untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualiras adalah membuat suasana kamar tidur yang nyaman dan santai. Seperti, tempat tidur yang nyaman dan bersih. Tempat tidur yang nyaman dapat menunjang kesehatan tulang punggung, karena pada waktu tidur tulang punggung sebisa mungkin berada pada posisi yang paling natural untuk mencegah kelelahan otot. Tempat tidur yang bersih adalah tempat tidur yang bebas dari kutu atau tungau. Untuk bebas dari kutu atau tungau kalian bisa membersihkan kasur dengan vacuum cleaner selama 6 bulan sekali. Mengatur suhu ruangan sangat penting dilakukan agar tidur bisa lebih nyenyak, suhu ruangan yang panas dapat membuat tidur menjadi gelisah dan berkeringat dan suhu ruangan yang dingin akan membuat tubuh mengigil dan sulit tidur, jadi pastikan suhu ruangan dengan suhu normal antara 20 sampai 22 derajat celcius.

  • Tidak Bermain Gadget Sebelum Tidur

Bermain gadget sebelum tidur dapat menekan produksi melatonin, yaitu hormone yang membantu8 seseorang untuk tidur. Jika kamu bermain gadget, jam tidur akan tertunda dan berpengaruh terhadap jam biologis tubuh.

  • Melakukan Peregangan Sebelum Tidur

Peregangan sebelum tidur akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak, membantu memusatkan perhatian pada napas dan tubuh, serta meredakan otot-otot yang tegang untuk mencegah kram yang dapat menganggu tidur.

  • Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Mandi air hangat sebelum tidur dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan tubuh menjadi rileks. Setelah mandi akan merasakan suhu dingin yang akan menjadi sinyal tubuh agar segera tidur.