Tekanan darah tinggi adalah “pembunuh” diam-diam, karena biasanya muncul tanpa gejala. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga tekanan darah tetap normal adalah mengkonsumi makanan sehat. Makanan asin dan manis , sert makanan tinggi lemak jenuh terbukti dapat meningkatkan tekanan darah.

Berbagai makanan sehat di bawah ini dapat membantu anda dalam menjaga tekanan darah :

  • Susu Rendah Lemak

Kebutuhan potasium dan kalsium yang terpenuhi dengan baik adalah syarat untuk mendapatkan tekanan darah normal. Kedua zat ini bisa didapatkan dari susu. Lebih disarankan mengkonsumsi susu rendah lemak yang mengandung asam palmitat yang dapat menghambat pembuluh darah untuk rileks dan fleksibel.

Dengan menjalankan pola makan sehat, mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan serta susu rendah lemak seperti yoghurt, susu, dan keju tanpa lemak sebagai camilan bergizi.

  • Jus Buah Delima

Buah yang berwarna merah dan memiliki rasa yang manis ini mempunyai beragam manfaat. Salah satunya membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Kandungan antioksidan polifenol di dalam Delima berfungsi efektif dalam melawan aterosklerosis serta peradangan pembuluh darah. Maka dari itu, Delima dapat membantu mengurangi kolesterol dan ketebalan arteri karotis viral yang bertindak dalam mengurangi tekanan darah.

  • Minyak Zaitun

Minyak Zaitun adalah minyak yang berasal dari hasil ekstraksi buah zaitun. Minyak ini memiliki lebih banyak kandungan lemak baik dibanding dengan kelapa murni.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setiap orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun kurang lebih 4 sendok makan per hari akan memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak sehat untuk membantu pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

  • Dark Chocolate

Dark Chocolate adalah coklat yang terbuat dari biji kakao dan diolah tanpa menambahkan susu. Dark Chocolate memiliki tesktur yang lebih padat dan aroma kakao yang lebih kuat.

Dark Chocolate mengandung kakao yang memiliki flavonoid yang berfungsi untuk mengecerkan darah dan menjaga dari pembekuan. Selain itu, Dark Chocolate dipercaya dapat membantu tekanan darah tetap normal karena mengandung antioksidan dan kalium yang tinggi.

  • Bayam

Bayam membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung senyawa nitrat, kalium, kalsium dan magnesium. Satu cup bayam mengandung 167mg kalium. Kalium dalam bayam membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah.