Melakukan olahraga dengan perut kosong memang kurang dianjurkan. Hal ini karena olahraga merupakan salah satu aktivitas yang banyak memerlukan energi. Nah, energi tentunya kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Jadi, penting untuk makan terlebih dahulu sebelum olahraga. Namun perhatikan waktunya yaa! Jika ingin makan dalam porsi besar ada baiknya dilakukan 2 jam sebelum berolahraga, jika hanya menyantap snack ringan bisa dilakukan 1 jam sebelumnya.

Walaupun dianjurkan untuk makan sebelum olahraga, ada juga hal yang perlu diperhatikan. Yup, selain memperhatikan jeda waktu makan dan berolahraga, kita juga harus memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini karena terdapat beberapa jenis makanan yang justru dapat mengakibatkan dampak kurang baik jika dikonsumsi sebelum olahraga. Apa saja itu?

  • Kacang-kacangan

Sebetulnya kacang termasuk ke makanan yang sehat. Namun, mengkonsumsinya sebelum olahraga bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh. Kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Semakin tinggi kandungan lemak dalam suatu makanan maka semakin lama waktu yang diperlukan untuk mencernanya. Hal inilah yang terjadi jika kita mengkonsumsi kacang sebelum olahraga. Selain itu, kacang juga dapat menghasilkan gas karbon dioksida yang mana akan dapat membuat perut kembung. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, perut akan menjadi tak nyaman dan bisa membuat kita sering buang angin. Namun, kamu tetap bisa mengkonsumsi kacang kok. Dengan catatan, berikan jeda 1,5 hingga 2 jam sebelum mulai olahraga.

  • Makanan berserat tinggi (kol, brokoli, apel)

Tubuh kita tentu memerlukan asupan serat, tetapi tidak jika kamu berencana untuk berolahraga setelahnya. Terutama jika kamu mengkonsumsi sayuran cruciferous. Sayuran jenis ini memiliki kandungan raffinose. Sejenis karbohidrat yang sulit dicerna sehingga dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Selain itu, sayuran jenis ini juga memiliki kandungan gas yang tinggi jadi memang beresiko membuat perut kembung. Beberapa makanan yang termasuk ke jenis cruciferous adalah brokoli, kembang kol, kubis, apel, lobak, dan tauge.

  • Produk olahan susu

Beberapa produk olahan susu seperti yogurt, keju, dan susu sendiri ternyata kurang baik jika dikonsumsi sebelum olahraga. Produk olahan susu mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga dapat membuat tubuh menjadi lesu dan meningkatkan kandungan lemak dalam perut selama olahraga. Konsumsi susu sebelum olahraga juga dapat menyebabkan perut penuh dengan gas. Selain itu, makanan ini juga dapat menimbulkan kram usus sehingga bisa membuat olahraga menjadi kurang nyaman. Apalagi jika kamu termasuk orang yang sensitif terhadap produk olahan susu.

  • Makanan pedas

Beberapa orang tentu sangat menyukai makanan pedas, hingga setiap makan pun rasanya kurang jika tidak ada rasa pedas. Namun, mengkonsumsi makanan pedas sebelum olahraga kurang baik nih. Pertama, makanan pedas dapat menimbulkan gangguan pencernaan yang kemudian membuat perut jadi mulas dan mengganggu olahraga. Selain itu, makanan pedas juga dapat membuat kita mengalami kram perut.

  • Alpukat

Alpukat terkenal sebagai salah satu sumber lemak baik, tapi ternyata mengkonsumsi alpukat sebelum olahraga juga tidak disarankan lho. Kandungan lemak jenuh tunggal yang tinggi pada alpukat ini membuat alpukat jadi lambat dicerna tubuh. Selain itu, alpukat juga termasuk makanan yang kaya serat sehingga bisa membuat perut dipenuhi gas dan juga mengalami kram perut.

  • Minuman bersoda

Soda tentu sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Soda memiliki kandungan gula yang tinggi serta berkarbonasi. Jika dikonsumsi sebelum olahraga, dapat membuat perut jadi terasa kembung dan bisa saja membuat kita menjadi mual saat olahraga. Selain itu, soda juga bisa memicu kram perut.

  • Alkohol

Minum alkohol sendiri memang kurang baik bagi kesehatan. Terlebih jika meminumnya sebelum olahraga. Alkohol dapat membuat tubuh kita menjadi mudah dehidrasi. Akibatnya kita jadi sering merasa haus dan akhirnya banyak minum. Jika terlalu banyak minum, kita pun jadi buang air kecil terus-terusan. Aktivitas olahraga pun terganggu.

  • Kopi

Minum kopi sebelum olahraga juga kurang dianjurkan nih. Efeknya hampir sama seperti minum alkohol, tubuh kita menjadi mudah dehidrasi dan membuat kita banyak buang air kecil. Selain itu, minum kopi juga dapat memicu kram perut. Hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas olahraga kita.