Diabetes merupakan penyakit yang sebaiknya jangan diremehkan, diabetes bisa merusak beragam organ penting dalam tubuh yang bisa memicu kematian mendadak. Semua orang bisa terkena diabetes. Tapi untuk beberapa pria yang berisiko lebih tinggi, seperti perokok atau yang suka minum minuman keras, gejala dan perkembangan diabetes harus lebih diwaspadai. Pasalnya gejala diabetes kadang bisa tampak seperti masalah kesehatan lainnya yang lebih sepele. Oleh karena itu, banyak yang kurang memedulikan gejalanya sampai sudah sangat parah dan terlambat diobati. Simak gejala diabetes pada pria selengkapnya di artikel ini.

Tanda dan Gejala Diabetes Pada Pria

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara gejala diabetes pada wanita atau pria. Namun paling tidak ada tujuh gejala diabetes yang hanya muncul khusus pada pria :

1. Penurunan Berat Badan Yang Tidak Biasa

Tanpa disadari penderita diabetes akan mengalami penurunan berat badan tanpa diketahui penyebab yang jelas. Pada penderita diabetes, turunnya berat badan disebabkan karena dibuangnya sebagian gula dalam darah ke sistem ginjal melalui urine. Padahal gula dalam darah merupakan hasil pencernaan pada makanan di dalam lambung. Akibatnya berapapun jumlah makanan yang dimakan akan sia-sia selama insulin tidak mampu menyalurkan gula sebagai sumber energi bagi tubuh.

2. Penglihatan Kabur

Gangguan penglihatan kabur ini sering disebut katarak dan biasanya dialami penderita diabetes yang sudah lama. Katarak dapat timbul karena gula membentuk suatu lapisan yang menutupi lensa mata. Hal inilah yang menyebabkan lensa mata menjadi buram sehingga menghambat masuknya cahaya ke saraf mata dan akibatnya mengganggu penglihatan. Gangguan ini dapat diatasi dengan cara melakukan operasi mata melalui menggantikan lensa mata yang rusak dengan lensa buatan.

3. Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil adalah tanda diabetes, tetapi beberapa orang banyak mengabaikan tanda ini. Namun, sering buang air kecil juga bisa menjadi masalah dalam prostat. Oleh karena itu Anda harus melakukan tes medis untuk mengetahui kondisi dengan tepat.

4. Penyembuhan Dari Luka Menjadi Lambat

Apabila terjadi luka, seringkali penyembuhan atas luka tersebut sangat lama. Hal ini disebabkan karena berkurangnya suplai darah akibat menyempitnya pembuluh darah. Untuk pencegahan, disarankan agar penderita diabetes selalu menjaga dan merawat kulitnya meskipun tidak terjadi luka.

5. Disfungsi Ereksi

Dalam jangka waktu yang lama, penderita diabetes pria juga dapat mengalami risiko disfungsi ereksi, yaitu ketika Anda tidak dapat ereksi secara optimal. Pada kondisi akut, dapat menyebabkan impotensi. Disfungsi ereksi ini disebabkan karena terjadinya kerusakan sel syaraf akibat diabetes. Diabetes dapat mengakibatkan terganggunya sistem aliran darah di sekitar sel-sel syaraf seperti pada ginjal dan alat kelamin. Jika tidak segera ditangani, maka dapat mengganggu hubungan keharmonisan rumah tangga.

6. Nyeri Dada Saat Berolahraga

Saat akan terkena diabetes anda akan membuat metabolisme tubuh menjadi berjalan tidak lancar, hal ini bisa membuat tekanan darah meninggi dan membuat dada Anda mengalami sakit, terutama saat Anda berkegiatan fisik.

7. Mati rasa atau Kesemutan, terutama di kaki dan tangan

Jika ada terlalu banyak gula dalam darah, maka saraf bisa menjadi rusak, karena terjadi hambatan pada pembuluh darah kecil yang memberi makan saraf. Hal ini terjadi secara umum sehingga biasanya mengalami kesemutan dan / atau mati rasa di kedua tangan dan kaki.