Menumbuhkan kebiasaan berolahraga sangatlah baik. Sebab olahraga tak diragukan lagi akan menyehatkan tubuhmu baik secara fisik maupun mental. Tak hanya jenis latihan yang dilakukan, waktu untuk berolahraga juga bisa mempengaruhi hasil yang bisa didapatkan. Dan salah satu waktu terbaik untuk olahraga disebutkan adalah pada saat bangun tidur di pagi hari.

“Pada pagi hari, tubuh akan berada dalam keadaan sangat prima karena energi yang sudah terisi oleh tidur malam yang nyenyak.” menurut Caleb Backe, seorang personal trainer dan ahli kesehatan dan kebugaran untuk Maple Holistics. Dan menurut Backe, meskipun sulit untuk dilatih menjadi sebuah kebiasaan tetapi berolahraga pada pagi hari memiliki banyak manfaat seperti berikut ini:

1. Baik untuk kesehatan mental

Menurut Backe, berolahraga di pagi hari memiliki dampak yang sangat besar bagi kesehatan mental Anda. “Berbagai macam kegiatan fisik, terutama jika dilakukan saat bangun tidur di pagi hari penting untuk kesehatan mental yang baik.”
Ia juga menambahkan dengan melakukan berbagai gerakan di pagi hari, tubuh Anda akan melepaskan bahan kimia yang berguna bagi homeostatis dan pemeliharaan yang tepat bagi tubuh.”

2. Bermanfaat bagi tingkat kreativitas

Jika Anda merasakan tingkat kerativitas yang menurun, Backe mengatakan banyak orang menemukan bahwa berolahraga pagi dapat menjadi langkah penting dalam membersihkan pikiran dan meningkatkan kreativitas.

“Selain meningkatkan aliran oksigen ke otak, olahraga pagi dapat menghilangkan stres dan membuat Anda merasa terjaga dan siap untuk menghadapi hari-hari ke depan,” katanya kepada Elite Daily.

3. Meningkatkan energi

“Berolahraga adalah cara lain yang bagus untuk menjaga tingkat energi Anda,” kata Backe. “Hormon yang berbeda yang dilepaskan selama olahraga pagi tidak hanya membantu Anda dengan meningkatkan kemampuan berolahraga tetapi mereka juga meningkatkan tingkat energi Anda dan membantu membangun kepercayaan diri Anda.”

 4. Membantu tidur 

Menurut Bill Fish, pelatih tidur bersertifikat dan co-founder Tuck Sleep mengatakan, “Salah satu manfaat berolahraga di pagi hari adalah akan membantu Anda tidur lebih baik,” katanya.

Saat Anda berolahraga di pagi hari, kata Fish, Anda punya banyak waktu bagi tubuh Anda pulih sebelum Anda tidur di malam hari sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup di malam hari.

5. Meningkatkan fokus 

Latihan aerobik memiliki korelasi yang kuat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, menurut April Tafoya, pelatih pribadi bersertifikasi NASM.

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam jurnal NeuroImage menemukan bahwa segera setelah bangun tidur seseorang melakukan olahraga selama 10 hingga 25 menit, korteks prefrontal mereka bekerja lebih keras untuk menahan gangguan, jadi secara alami meningkatkan fokus mereka.