Treadmill bisa dibilang menjadi alat favorit para penggiat gym karena cara pakainya yang cukup mudah. Anda mungkin juga punya treadmill sendiri di rumah. Tapi jika berjam-jam sesi lari di atas karpet treadmill Anda belum juga kunjung membuahkan hasil, bisa jadi ini karena Anda tidak mengoptimalkan cara menggunakan treadmill Anda. Ya, walaupun lari di atas roda berjalan ini terlihat mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi hasil yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips cara menggunakan treadmill :

1. Berlari Menanjak dengan Fitur Incline Mode

Kalori yang dibakar ketika berlari menanjak tentu akan berbeda dibanding dengan berjalan atau berlari di lintasan datar. Tapi kalau Anda termasuk pemula, jangan langsung bernafsu pakai mode ini.

Mulailah secara bertahap dengan berjalan atau joging di atas treadmill selama 15-30 menit untuk dua sampai tiga hari dalam seminggu. Jika Anda sudah merasa nyaman dengan rutinitas ini, barulah selipkan lari di tanjakan. Setidaknya Anda harus buat satu sesi lari treadmill Anda dalam seminggu dengan berlari menanjak.

2. Ubah Kecepatan Larinya

Jika selama ini Anda hanya berlari dengan kecepatan rata-rata tanpa ada variasi, kombinasikan sesi lari treadmill Anda dengan jenis lari interval. Lari interval merupakan kombinasi dari lari pelan (kecepatan Anda biasanya) dan lari cepat (secepat mungkin yang Anda bisa dalam jangka waktu tertentu), dengan menggabungkannya dengan lari pemulihan (lari jarak pendek dan kecepatan rendah).

3. Lari Jangka Panjang

Sesuai namanya, lari jangka panjang harus menghabiskan waktu yang lama, minimal harus cukup lama untuk membuat Anda merasa lelah. Lari jangka panjang dimaksudkan untuk membangun daya tahan tubuh Anda. Jarak lari akan tergantung pada kondisi Anda dan bisa berubah sesuai peningkatkan ketahanan Anda.

Seminggu sekali tambahkan sesi lari jangka panjang yang kira-kira dua kali lebih lama dari rutinitas Anda biasanya. Kecepatan lari pasti akan lebih lambat, tapi teruslah berlari sampai sesi selesai.

4. Pertahankan Posisi Tubuh yang Baik

Mempertahankan posisi tubuh yang baik juga sangat penting saat menggunakan treadmill. Pastikan punggung Anda dalam keadaan lurus dan jangan condong kedepan saat berjalan atau berlari. Postur tubuh yang tidak baik akan menyebabkan nyeri punggung. Banyak orang juga terus menerus memandang kakinya saat berlari di treadmill, ini salah. Anda harus memandang lurus ke depan sehingga posisi tubuh Anda akan baik.

5. Konsentrasi Dengan Tehnik Berjalan

Saat menggunakan treadmill banyak orang salah dalam mendaratkan tumit atau jari kakinya. Idealnya Anda harus mendarat dengan telapak kaki bangian tengah saat berjalan atau berlari menggunakan treadmill.