Suplemen menjadi hal yang sangat familiar di kalangan fitnes mania, karena suplemen ini merupakan bagian penting dalam pemenuhan nutrisi yg kurang dari makanan kita sehari-hari.

Suplemen adalah salah satu produk kesehatan yg didalamnya terkandung lebih dari satu nutrisi atau obat, nutrisi ini berbentuk protein, asam amino, creatine, L-carnitine dan lain-lain”

Banyak orang-orang awam bertanya, kalau fitness itu perlu pakai suplemen atau tidak, pakai suplemen itu cepat atau tidak menjadi berotot? Pakai suplemen itu halal atau tidak? Pakai suplemen itu aman atau tidak?

Perlukah mengkonsumsi suplemen saat fitness?

Suplemen fitness adalah suatu nutrisi yang memiliki manfaat untuk mencukupi nutrisi yang kurang dari makanan sehari-hari kalian, suplemen fitness berperan sebagai ‘pelengkap’ ketika berlatih. SImpelnya, jika kalian sudah merasa tercukupi mengenai nutrisi tubuh dalam keseharian kalian termasuk ketika kalian sedang berlatih otot di gym, tentu kalian tidak terlalu membutuhkan untuk mengkonsumsi suplemen tersebut.

Namun realitanya tidak sedikit kasus dimana kandungan nutrisi dari makanan sehari-hari masih cukup kurang, salah satu faktornya adalah cara memasak yang yang kurang baik sehingga nutrisi yang ada dalam makanan hilang atau justru karena makanan yang kita konsumsi malah tergolong makanan junk food / kurang menyehatkan. Sehingga suplemen bisa digunakan sebagai alternatif nutrisi tambahan untuk tubuh kita.

Apakah dengan memakai suplemen perkembangan otot akan menjadi cepat?

Jawabannya bisa ya dan tidak, suplemen seperti obat, yg bisa cocok atau tidak dengan tubuh manusia, apabila suplemen itu cocok dengan tubuh maka perkembangan otot akan menjadi signifikan bahkan dalam hitungan minggu sudah kelihatan perbedaannya, namun apabila suplemen itu tidak cocok dengan tubuh, maka hal yg terjadi tidak ada perubahan, atau mungkin saja tubuh yg lambat menyerap seluruh nutrisi itu, sehingga perkembangan menjadi lambat.