Banyak kebiasaan yang dilakukan orang-orang demi sehat namun dengan cara yang salah. Bukannya sehat, hal tersebut terkadang malah membahayakan dirinya sendiri.

Sekarang kita tahu bahwa berolahraga, termasuk fitnes secara teratur akan membuat badan sehat, fit, dan mencegah datangnya sejumlah penyakit. Sementara itu, tidak berolahraga dapat menimbulkan masalah seperti obesitas, nyeri sendi, stres, gangguan pencernaam dan bahkan beberapa jenis kanker.Beberapa kebiasaan olahraga di tempat gym tanpa disadari bisa menempatkan Anda pada risiko cedera yang lebih besar. Apa saja penyebab cedera di tempat gym yang paling umum?

1. Mengangkat beban terlalu berat

Mungkin Anda ingin buru-buru menambah berat beban agar bisa lebih cepat membentuk otot lengan. Tapi angkat beban yang terlalu berat di luar batas toleransi tubuh bisa menyebabkan otot menegang atau bahkan robek, hingga mencederai punggung, bahu, bahu dan lutut. Beban besi yang terlalu berat juga merisikokan Anda untuk tanpa sadar jadi mengayunkan beban ke lantai, bukannya dijatuhkan perlahan, sehingga membuat Anda kehilangan kontrol keseimbangan atau bahkan menyandung Anda. Pada akhinya, selain mengurangi keefektifan latihan ini juga bisa menyebabkan cedera.

2. Melakukan hal yang sama berulang-ulang

Melakukan rutinitas yang sama di tempat gym selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, berarti Anda menekan otot, sendi dan jaringan ikat yang sama setiap kali Anda berolahraga. Hal itu juga dapat menyebabkan cedera berlebihan, kelelahan, dan kebosanan.

3. Terlalu banyak menggunakan kardio

Yang benar adalah kamu seharusnya membatasi frekuensi, intensitas dan durasi latihan olahraga kardiomu. Jika kamu memang menyukainya, maka jagalah dalam intensitas sedang. Kamu tidak bisa terlalu sering menggunakan olahraga ini karena justru akan mengganggu pertumbuhan otot. Yang baik adalah tiga sampai empat kali seminggu dan tidak lebih dari 40 menit.

4. Melewatkan pemanasan

Jika Anda kekurangan waktu, Anda mungkin akan melewatkan pemanasan dan langsung memulai latihan Anda. Sebenarnya pemanasan adalah salah satu bagian terpenting dari rutinitas latihan Anda karena melakukan pemanasan atau gerakan ringan sebelum memulai latihan dapat meningkatkan denyut jantung secara bertahap, meningkatkan oksigen ke tubuh dan meningkatkan aliran darah ke otot. Tidak hanya itu, pemanasan juga membuat olahraga Anda lebih nyaman dan mencegah cedera dengan meningkatkan elastisitas otot.

5. Kurang istirahat

Jika Anda berkomitmen untuk berlatih kebugaran, maka Anda pun harus memulai komitmen serupa pada perubahan pola hidup yang lebih baik, termasuk salah satunya tentang istirahat yang cukup. Anda tidak dituntut untuk tidur minimal delapan jam sehari layaknya anak kecil, melainkan lebih kepada peningkatan kualitas tidur, sehingga bangun tidur menjadi lebih bersemangat.