Jangan sepelekan hal kecil menurutmu, tetapi dampak negatifnya sangat besar menurut Dunia Kesehatan jika menyepelekan atau mengabaikan hal ini, yaitu menahan membuang air kecil (kencing). Seorang urologis dari Nortwestern Medicine mengatakan bahwa kebiasaan menahan keinginan buang air kecil bisa menyebabkan beberapa hal seperti infeksi kandung kemih hingga gagal ginjal.

Di suatu kondisi tertentu, misalkan saat berada di dalam kendaraan dan kondisi jalanan macet, buru-buru dijalanan, hingga menahan karena adanya suatu pekerjaan yang hasil pekerjaan tersebut ditunggu pak bos, lebih baik sempatkan terlebih dahulu untuk pergi dan mencari toilet. Meski berada di dalam pesawat, tapi jika sudah kebelet untuk buang air kecil, segera lakukan di toilet pesawat.

Kondisi buruk atau bahayanya yang ditimbulkan jika kita sering menahan buang air kecil adalah :

  • Kandung Kemih Menjadi Lebih Sensitif

Sensitifitas kandung kemih seseorang berbeda-beda, dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsinya, tetapi menahan buang air kecil dapat membuat kandung kemih seseorang jauh lebih sensitif. Ini dikarenakan kandung kemih membentang menyesuaikan peningkatan jumlah urin didalamnya. Oleh karena itu, sensor menjadi terlalu aktif dan membuat seseorang merasa buang air kecil lebih sering dari biasanya. Ini sebenarnya merupakan tanda umum dari infekso salurang kencing, jika kamu mengalaminya segera konsultasikan dengan Dokter.

  • Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing bisa terjadi karena bakteri yang masuk ke uretra dan kandung kemih. Kalau sudah semakin parah, infeksi saluran kencing ini bisa menyebar hingga ke ginjal. Biasanya hal ini ditandai dengan urine berwarna keruh atau berdarah, selalu merasa ingin buang air kecil, hingga terserang demam. Menurut Dr. Anthony Komaroff dari Harvard Medical School, infeksi saluran kencing merupakan hal yang umum terjadi akibat menahan buang air kecil terlalu lama, padahal buang air kecil dapat membantu untuk membuang bakteri, jika kamu menahannya, maka bakteri berkesempatan untuk berkembang biak.

  • Gagal Ginjal

Kondisi medis ini disebabkan ketika ginjal gagal untuk menyaring racun dan limbah dari darah, dan mungkin saja ini merupakan hasil dari infeksi yang disebabkan menahan buang air kecil terlalu lama. Gejala gagal ginjal termasuk memar, feses berdarah, dan perubahan suasana hati. Gagal ginjal memerlukan perhatian medis, sehingga dokter dapat mengeluarkan racun untuk mengembalikan fungsi ginjal. Dialisis atau bahkan transplantasi akan diperlukan jika infeksi parah.

Solusinya agar terhindar dari penyakit-penyakit diatas adalah dengan menyempatkan untuk buang air kecil terlebih dahulu jika akan bepergian. Tetap pertahankan minum air mineral sebanyak 2 hingga 3 liter sehari. Jika akan bepergian ke tempat yang susah terdapat toilet, sebaiknya menghindari untuk minum air terlalu banyak. Perhatikan juga tanda-tanda penyakit diatas jika menghampirimu, segera konsultasikan dan periksa ke klinik atau rumah sakit terdekat.