Air putih sangat bermanfaat untuk menjaga sistem yang ada di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, 60 persen tubuh berisi cairan yang menjadikan tubuh harus selalu terhidrasi.

Air putih bisa melumasi sendi, mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, sampai detoks atau membuang racun dalam tubuh.

Agar tetap sehat, penting untuk minum setidaknya 2 liter air setiap hari. Pada saat yang sama, penting untuk minum air pada waktu yang tepat dalam sehari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Membiasakan diri untuk mempraktikkan gaya hidup sehat memang tidak mudah; terlebih kita semua tahu bahwa begitu banyak orang yang mendambakan hidup sehat namun mereka kesulitan untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji maupun mi instan. Atau kita semua juga tahu bahwa banyak orang yang telah memiliki niat untuk berolahraga, namun niat tersebut berlalu begitu saja tanpa pernah dilakukan.

Ya, semua orang ingin menjadi sehat; sibuk mencari cara dan mengumpulan niat hingga lupa bahwa sebenarnya ada hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjadi sehat, yaitu minum air putih.

1. Minum Satu atau Dua Gelas di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur

Ketika kita bangun tidur, tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Berapapun banyaknya konsumsi air putih di hari sebelumnya, kita harus ‘mengisi ulang’ tubuh kita dengan cairan. Minum satu atau dua gelas air putih di pagi hari setelah bangun tidur juga dapat membakar metabolisme dan membuang racun dalam tubuh.

2. Sebelum Makan

Minum air putih sebelum makan akan membuatmu merasa penuh dan mencegahmu makan berlebihan. Minum segelas air 30 menit sebelum makan juga akan membangkitkan nafsu makan dan melembabkan lapisan perut. Minum air putih sebelum makan pun bermanfaat untuk membersihkan rasa sisa dari makanan atau minuman sebelumnya.

3. Minum Satu Gelas Ketika Merasa Lelah

Lebih dari 70 persen dari setiap fungsi dalam tubuh tergantung pada air, termasuk kegiatan otak dan sistem saraf. Air dapat membantu otak bekerja lebih baik. Kekurangan air pada otak tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan, namun juga dapat menyebabkan kabut otak, kehilangan fokus, ingatan, serta sakit kepala, masalah tidur, marah, depresi, dan banyak lagi.

4. Sebelum dan Setelah Olahraga

Untuk mencegah dehidrasi, sangat penting meneguh 2-3 gelas air sebelum dan setelah sesi olahraga. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga cairan tetap seimbang. Tetapi jangan minum terlalu banyak air dalam waktu singkat, karena ini akan menyebabkan kram perut.

5. Ketika Sakit

Tingkatkan asupan air putih saat sedang sakit. Banyak minum air putih ketika sakit tidak hanya akan menghidrasi tetapi juga akan menghilangkan racun dari tubuh dan membantu kamu pulih lebih cepat.

6. Minum Satu Gelas Sebelum Tidur

Minum segelas air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh mengisi kembali cairan yang hilang akibat aktivitas sepanjang hari dan dapat membuang racun yang tidak diinginkan dalam tubuh. Selain itu, minum segelas air putih sebelum tidur juga akan membuat tidur kita terasa lebih nyenyak.