Air minum sangat penting untuk setiap bentuk kehidupan. Bahkan kandungan air di dalam tubuh saja hampir 70% dan air juga bertanggung jawab atas berfungsinya semua organ tubuh. Selain meningkatkan sirkulasi darah, air juga membantu membawa nutrisi penting yang berasal dari makanan ke berbagai organ melalui jaringan. Namun, air dengan suhu seperti apa yang paling baik bagi kesehatan? Sistem pengobatan kuno seperti Ayurveda yang berasal dari India lebih dari 3.00 tahun yang lalu dan pengobatan tradisional Cina menyoroti pentingnya suhu air dan dampaknya pada tubuh. Jadi, dengan kata lain, keduanya memiliki manfaat, meskipun hal ini tergantung pada kondisi tertentu. Lalu, mari kita lihat berbagai manfaatnya di bawah ini!

Manfaat Minum Air Hangat

Membantu Kelancaran Pencernaan

Menurut Ayurveda dan pengobatan Cina kuno, Anda harus minum segelas air hangat di pagi hari. Hal ini karena air hangat dapat mengaktifkan sistem pencernaan Anda, yang tentu dapat membantu Anda untuk menghindari gangguan pencernaan. Selain itu, minum air hangat juga dapat merangsang aliran darah menuju usus dan dapat membantu mencegah sembelit.

Menghambat Penuaan

Menghambat penuaan adalah manfaat yang luar biasa yang dimiliki oleh air hangat. Seperti yang sudah dijelaskan, air hangat akan mengeluarkan racun dari tubuh, terutama racun yang dapat menyebabkan penuaan dini. Pada dasarnya, hal tersebut juga dapat memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

Meredakan Hidung Tersumbat

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa air hangat sangat baik untuk orang-orang yang menderita hidung tersumbat dan batuk berdahak. Hal ini disebabkan oleh air hangat yang dapat bertindak sebagai ekspektoran alami untuk membantu pengenceran dahak dari saluran pernapasan.

Melawan Rasa Sakit

Karena air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan-jaringan tubuh, maka air hangat dapat bertindak dengan sangat baik sebagai bantuan alami terhadap rasa sakit. Oleh karena itu, jika Anda sering mengalami nyeri sendi atau kram saat menstruasi, maka Anda sangat disarankan untuk minum air hangat.

Manfaat Minum Air Dingin

Memperbaiki Mood

Saat musim panas, minum air es adalah salah satu cara terbaik untuk tubuh Anda selain mandi air dingin. Setelah menghabiskan waktu di bawah sinar matahari langsung, sesi latihan keras, dan aktivitas di luar ruangan yang menghasilkan keringat, Anda memerlukan segelas air dingin untuk menyegarkan suasana hati (mood).

Minum Air Dingin Membantu Olahraga

Air dingin adalah adalah cairan yang sangat baik untuk latihan. Ketika Anda menjalani latihan yang keras, tubuh akan memanas, maka perlu sesuatu untuk mendinginkannya. Air dingin adalah pilihan yang sangat baik untuk mendinginkan tubuh. Saat menjalani gym atau berlari, Anda harus menjaga tubuh tetap terhidrasi dan dingin, air dingin adalah cara terbaik untuk mencapainya.

Detoksifikasi

Ada fakta yang populer bahwa menambahkan lemon ke dalam air dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Minum air lemon pada suhu kamar atau air hangat kurang tepat, Anda dapat menambahkan lemon dan garam dalam air dingin selama musim panas dan menikmati segelas limun dingin.

Mengatasi suhu panas ekstrem

Tidak ada yang mengalahkan panas lebih baik daripada segelas air dingin. Air sedingin es adalah obat terbaik untuk suhu panas yang ekstrem. Kegunaan air es tidak hanya membuat tekanan darah Anda terkendali, tetapi juga menjaga organ vital tubuh menjadi dingin dan melindungi dari dampak panas. Minum Air es juga membuat otak manusia rileks dan mengurangi kemungkinan kehilangan kesadaran selama suhu yang sangat tinggi.