Plank adalah salah satu bentuk olahraga yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat otot inti tubuh. Gerakan plank membantu membentuk otot di sekitar perut dan pinggang, serta memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan. lahraga kebugaran bernama plank ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Namun eksistensinya dalam dunia kebugaran masih aksis sampai saat ini. Adapun beberapa manfaat plank yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

Planking Efektif Untuk Meningkatkan Vitalitas Tubuh

Planking adalah latihan sempurna untuk otot perut karena membutuhkan semua otot inti tubuh, termasuk transverse abdominusrectus abdominus dan external oblique muscle. Kebugaran otot inti tubuh tak bisa kamu sepelekan, karena setiap otot tubuh berperan penting dalam membentuk postur tubuh.

 Meningkatkan Metabolisme

Tak kalah penting juga, manfaat plank dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Seperti diketahui, semakin baik metabolisme, maka semakin baik pula bagi kebugaran tubuh. Sebab, kalori akan terbakar secara baik sehingga tubuh terhindar dari kalori berlebih penyebab kegemukan.

Postur Tubuh Berubah Lebih Baik

Manfaat plank selanjutnya adalah bisa memperbaiki postur tubuh. Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan bentuk atau postur tubuh, maka plank adalah salah satu solusinya. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin membuang lemak serta menambah tinggi badan.

Mengurangi Nyeri Punggung

Manfaat olahraga plank yang tidak kalah penting adalah dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada punggug. Seperti yang diketahui nyeri punggung merupakan keluhan yang dialami oleh banyak orang. Penyebabnya beragam salah satunya karena postur tubuh yang salah. Untuk itu latihan plank dapat anda coba terapkan untuk mengurangi rasa nyeri ini.

Meningkatkan Otot Tubuh

Seiring dengan perut Anda, manfaat plank juga memperkuat otot-otot di bahu Anda, dada, kaki, dan punggung. Fungsionalitas pose plank ini dikombinasikan dengan pegangan isometrik membantu memperkuat dan membangun otot tanpa lemak untuk meningkatkan masa otot secara keseluruhan pada tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi

Latihan plank memungkinkan Anda terlibat dalam aktivitas fisik yang menahan beban sambil mengurangi efek samping yang keras dan menyakitkan, yang sering dikaitkan dengan latihan seperti melompat dan berlari.

Membakar Kalori dalam Jumah Cukup Besar

Meskipun terlihat statis namun olahraga plank dapat membakar kalori dalam jumlah cukup besar. Menurut informasi bahkan olahraga plank dinilai lebih efektif membakar kalori dibandingkan melakukan sit-up. Pembakaran kalori di dalam tubuh juga bisa dilakukan dengan manfaat lari ditempat dan manfaat olahraga skipping.