Diet kerap diartikan sebagai upaya menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanannya. Itu sebabnya banyak yang beranggapan diet hanya perlu dijalani oleh orang-orang kegemukan yang ingin kurus. Padahal, pengertian diet yang seperti ini kurang tepat. Diet dalam artian murninya juga bisa diartikan sebagai pola makan bergizi seimbang untuk meraih banyak tujuan berbeda, tergantung dari masing-masing individu. Ada yang berdiet memang untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga kesehatan, memulihkan kesehatan setelah sakit, atau mengelola kondisi kesehatan tertentu. Berikut menu makanan diet yang mudah kamu dapatkan dan tentunya gak buat kantong kering:

1. Telur Kukus

Cara membuatnya sama seperti halnya meracik telur dadar omelet dengan tambahan bawang daun, jamur, tomat, dan tambahan bumbu lainnya. Kukus telur dalam wadah kaca atau rantang stainless hingga matang. Jika ingin lebih praktis, kamu juga bisa memilih telur rebus sebagai sumber protein.

2. Dada Ayam Kukus

Relakan dada ayam tanpa kulitnya jika ingin dietmu sukses. Masak dengan cara dikukus atau direbus dengan dibumbui sedikit garam dan merica. Selain itu dada ayam juga bisa dimasak dengan cara dipanggang dalam oven atau dibakar di atas bara api.

3. Sayuran Rebus atau Kukus

Variasikan jenis-jenis sayuran agar tak lekas bosan. Misalnya hari ini makan siang dengan brokoli rebus, makan malam dengan sayuran campur yang direbus (wortel, buncis, dan jagung muda). Begitu juga keesokan harinya bisa bergantian dengan sawi-sawian yang dikukus, pare kukus, atau kacang panjang dan taoge yang direbus.

4. Kacang Merah

Jika kamu mau makan sebanyak apapun kacang merah, nggak akan membuat kamu gendut. Tak salah jika kamu harus memiliki stok kacang merah saat sedang menjalankan program diet. Disarankan untuk mengolah kacang merah menjadi sup. Rasanya enak kok, nggak bikin badan membengkak.

5. Oatmeal 

Oatmel merupakan makanan wajib yang harus kamu konsumsi selama kamu menjalani masa diet. Walaupun mengandung karbohindrat, tapi oatmeal tidak mengandung gula atau pemanis yang tinggi dan sangat rendag kalori. Ini merupakan makanan yang sangat aman kamu konsumsi selama proses diet.