Sering mengkonsumsi makanan pedas, makan tidak teratur, merokok, dan minum kopi secara berlebihan merupakan gaya hidup kurang sehat yang dapat memicu penyakit lambung.  Untuk mengurangi rasa sakit yang berlebih lakukanlah perubahan gaya hidup, ditambah kebiasaan rutin berolahraga dapat mengurangi gejala sakit lambung. Namun, sebagian penderita sakit lambung tetap merasa khawatir untuk berolahraga. Rasa mual dan nyeri perut akibat sakit lambung tak jarang menghambat berbagai aktivitas. Padahal, gangguan lambung ini dapat menimbulkan beberapa resiko seperti gangguan pencernaan, komplikasi kesehatan, bahkan hingga kematian. Jenis penyakit gangguan lambung ini sebenarnya beragam, tetapi umumnya disebabkan oleh produksi asam lambung. Untuk menghindari sakit yang berlebih Anda perlu menerapkan beberapa hal berikut:

1. Konsultasi Dokter

Kunjungi dokter untuk berkonsultasi apakah Anda cukup sehat untuk berolahraga, serta minta saran tentang berolahraga yang tepat bagi penderita sakit lambung.

2. Jenis olahraga

Sebaiknya pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat, khususnya jika Anda belum terbiasa melakukan olahraga. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda coba lakukan adalah yoga, berjalan, bersepeda, dan melakukan jogging ringan. Namun, jika sahabat memiliki masalah dengan berat badan berlebih atau obesitas, maka sahabat bisa melakukan olahraga yang lebih berat secara bertahap.

3. Angkat Beban dalam Tempo Ringan

Melakukan latihan kekuatan seperti bisep, pull-up, trisep, penekanan kaki, dan penekanan bahu dapat membantu membakar kalori sambil memperkuat dan mengencangkan tubuh. Namun dianjurkan untuk latihan dalam tempo yang ringan, atau sekuatnya saja. Segera berhenti jika nyeri akibat sakit lambung mulai terasa.

4. Menjaga Pola Makanan

Makanan pastilah sangat berpengaruh terhadap kondisi penderita asam lambung. Namun makanan yang dimaksud saat ini adalah makanan yang Anda konsumsi sebelum memulai olahraga. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berat sebelum berolahraga karena dapat memicu kenaikan asam lambung ke kerongkongan. Sebagai penggantinya, Anda bisa memilih makanan yang lebih ringan dan menyehatkan seperti buah-buahan. Selain memilih makanan yang sehat, Anda juga tetap harus menjaga waktu makan Anda dengan teratur, untuk menghindari sakit lambung yang berlebih.

5. Jaga Hidrasi Tubuh dengan Baik

Pada dasarnya, semua orang perlu menjaga hidrasi tubuhnya saat berolahraga. Dengan mengonsumsi air putih saat berolahraga, bisa membantu membersihkan esophagus dan meredakan gejala-gejala GERD. Namun, Anda tetap perlu mengontrol konsumsi air putih saat berolahraga, ya! Minum sedikit demi sedikit guna menjaga hidrasi tubuh tanpa membuat perut penuh dengan air.