Racun dan segala zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh akan dibuang melalui ginjal dalam bentuk urine. Oleh karena itulah, kesehatan organ tubuh ini sangat perlu diperhatikan. Terjadinya masalah pada ginjal akan berdampak pada munculnya gangguan penyaringan hingga pembuangan. Namun, tidak sedikit orang yang tidak memperhatikan kesehatan ginjal dengan mengabaikan tanda penyakit ginjal. Lalu, apa saja sih tanda awal penyakit ginjal yang perlu kamu cermati?

1. Gatal Berlebih

Gejala penyakit ginjal menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran atau sisa metabolisme dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa gatal yang berlebihan. Gatal yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan luka atau pendarahan karena sering digaruk.

2. Kepala Pusing dan Sulit Berkonsentrasi

Salah satu gejala penyakit ginjal adalah anemia. Saat anemia, maka otak tidak memperoleh asupan oksigen yang memadai. Kondisi ini menyebabkan kepala pusing dan kesulitan berkonsentrasi. Pusing yang parah akan mengakibatkan tubuh kehilangan keseimbangan saat akan berjalan.

3. Sakit di Sekitar Daerah Pinggang

Gejala sakit ginjal yang bisa dirasakan adalah sakit di area pinggang. Beberapa orang yang bermasalah dengan ginjal biasanya mengalami tanda sakit ginjal pada bagian pinggang.

Kondisi gejala ginjal sakit ini berkaitan dengan tanda penyakit batu ginjal. Meski terkadang penyakit batu ginjal tidak menunjukkan gejala, namun bisa saja terasa sakit bila batu ginjal terjebak dalam ureter. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.

4. Perubahan Pada Urine

Kondisi urine yang berubah dari biasanya merupakan gejala ginjal bermasalah yang utama. Segera ke dokter jika perubahan itu seperti:

  • Warna urine jauh lebih gelap dari biasanya, diikuti dengan frekuensi buang air kecil yang jarang.
  • Perubahan tekanan aliran saat buang air kecil.
  • Kencing berdarah (urine bercampur darah dapat terjadi pada penderita batu ginjal, penyakit ginjal polikistik, dan infeksi ginjal).
  • Meningkatnya keinginan buang air kecil terutama saat Anda tidur.

5. Tubuh Terasa Lemas

Ginjal orang sehat akan memproduksi EPO (erythropoietin). EPO dapat meningkatkan sel darah merah dalam darah. Sel darah merah ini akan membawa oksigen ke bagian-bagian tubuh Anda.

6. Mual dan Muntah

Racun yang berkumpul di dalam darah dapat menyebabkan terganggunya pusat rasa di tubuh sehingga terjadilah mual dan muntah. Mual dan muntah juga merupakan pertanda terjadinya infeksi saluran kencing, sehingga ada baiknya Anda segera menemui dokter. Terutama jika Anda juga merasakan adanya nyeri pada perut dan punggung belakang.

7. Terjadi Pembengkakan pada Beberapa Bagian Tubuh

Ketika ginjal mengalami gangguan, proses pembuangan zat metabolisme pun tidak akan berjalan dengan lancar. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat tubuh kamu membengkak. Beberapa bagian tubuh yang sering kali mengalami pembengkakan akibat tidak berfungsinya ginjal dengan baik adalah wajah, kaki, dan tangan.