Menjadi bugar dan mempunyai berat badan yang ideal adalah impian setiap pria, kebanyakan pria melakukan berbagai usaha untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan atletis, salah satunya adalah olahraga. Kebanyakan orang seringkali mengira kalau mereka telah membakar sangat banyak kalori saat berolahraga sehingga menjadikan olahraga sebagai salah satu cara yang diyakini bisa membantu untuk menurunkan berat badan secara optimal dan mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, tapi tahukah anda, olahraga ternyata bisa membuat berat badan justru tambah naik?

            Berikut ini beberapa alasan mengapa olahraga bisa membuat berat badan naik:

  • Jumlah Latihan

Jumlah latihan menjadi salah satu hal penting untuk menurunkan berat badan, melakukan olahraga selama 30 menit sehari atau setara dengan 210 menit seminggu saja dirasa sudah cukup, bahkan ada orang yang melakukan latihan secara tidak rutin atau hanya sekali dalam seminggu. Namun idealnya, badan membutuhkan waktu minimal 250 sampai 300 menit setiap minggu untuk menurunkan berat badan secara optimal.

  • Harus Seimbang

Untuk menurunkan berat badan, biasanya olahraga yang dilakukan akan dikombinasikan dengan diet atau mengontrol asupan makanan. Namun ternyata hal itu tidaklah cukup. Karena kunci utama dalam menurunkan berat badan adalah harus seimbang.

Kebanyakan orang menganggap setelah olahraga mereka sudah membakar banyak kalori, banyak orang yang membiarkan dan merasa dimaafkan jika mengkonsumsi makanan dengan gula yang tinggi.

  • Jangan Olahraga Berlebihan

Terlalu berlebihan dalam berolahraga malah bisa berdampak buruk bagi tubuh, bukannya menurunkan berat badan, olahraga terlalu keras bahkan melewati batas kemampuan tubuh malah bisa mengacaukan hormone. Dampaknya tak sebatas kelelahan, tapi juga penurunan kinerja dan penumpukan lemak di sekitar perut.

Untuk menghindarinya, anda perlu untuk mengatur porsi olahraga harian. Bisa dengan cara memilih olahraga intensitas rendah dengan durasi yang panjang atau olahraga singkat namun memiliki intensitas yang tinggi.

  • Hindari Stress

Ketika kita stress, berat badan bisa bertambah karena peran dari hormon kortisol alias hormone stress. Ternyata, berolahraga terlalu keras dan diet ketat juga bisa menyebabkan stress.

Saat seseorang mengalami stress, hormone yang ada di dalam tubuh pun menjadi kacau. Jika hal itu terjadi, artinya ada kemungkinan program penurunan berat badan akan berantakan. Produksi hormone kortisol yang berlebihan juga bisa memicu tibulnya rasa lapar. Hal ini membuat seseorang mencari makanan terutama makanan manis dan tinggi kalori untuk menenangkan diri.

  • Massa Otot Bertambah

Sebenarnya berat badan naik juga bisa dikarenakan massa otot yang bertambah, bukan karena gemuk karena lemak yang menumpuk, tetapi latihan dengan serius dan rutin juga memberikan kenaikan berat badan dikarenakan massa otot lebih berat daripada lemak. Jadi, berat badan Anda akan naik meskipun lemak di dalam tubuh Anda sudah berkurang. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan alat ukur khusus untuk menghitung kadar lemak serta massa otot di tubuh Anda.