Berbeda orang, berbeda pula selera dan sajian makanan wajib saat berpuasa. Biasanya, saat berbuka puasa orang cenderung membeli makanan atau jajanan khas yang dijual di kaki lima menjelang waktu berbuka. Sedangkan untuk waktu sahur, tak jarang banyak yang mengandalkan makanan cepat saji karena praktis dan mudah dibuat. Seperti diketahui, kebanyakan makan makanan yang belum tentu jelas gizi serta nutrisinya, bisa memengaruhi kesehatan tubuh.
Setiap hari organ tubuh seperti ginjal, limpa, dan hati bekerja mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh setiap hari. Racun tersebut salah satunya berasal dari makanan yang dikonsumsi. Berpuasa dapat membantu mengurangi racun yang masuk, sehingga beban kerja organ-organ tersebut berkurang.

Saat berpuasa tubuh tetap memerlukan makanan sehat, sehingga tetap perlu memerhatikan pola makan yang baik pada bulan Ramadan. Sebenarnya pola makan selama bulan ini tidak terlalu berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Yang penting adalah tetap menjaga keseimbangan nutrisi dari asupan makanan dan cairan selama bulan puasa.

Ada beberapa makanan yang yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa, yaitu:

  • Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu sumber makanan wajib saat puasa. Saat berpuasa, tubuh membutuhkan karbohidrat untuk membuat glukosa, yang merupakan sumber energi utama tubuh.
Karbohidrat bisa ditemukan dalam makanan seperti nasi, pasta dan roti. Baiknya, konsumsi makanan mengandung karbohidrat di waktu sahur, agar bisa merasakan manfaat energi selama waktu berpuasa dan tubuh tidak gampang lemas

  • Buah – Buahan 

Konsumsilah  buah kurma atau jus buah saat berbuka puasa sebagai salah satu pilihan yang sehat. Hindari makanan yang terlalu manis untuk menghindari lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

  • Sayur dan Kacang-Kacangan

Sayur dan kacang-kacangan menjadi sumber makanan wajib saat puasa. Semua sayur dan kacang-kacangan memberikan kombinasi dari serat larut dan tidak larut. Serat membantu menjaga usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah. Serat larut juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang biasanya memuncak saat mengonsumsi hidangan berbuka puasa.

  • Air Putih

Saat puasa, tubuh mengalami dehidrasi dan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan seseorang merasa lelah.

Guna memulihkan kembali energi dan kondisi tubuh yang prima, minumlah air putih sebagai minuman buka puasa yang sehat karena tubuh akan kembali terhidrasi setelah kehilangan banyak cairan.

  • Madu 

Selain kaya akan antioksidan guna mencegah penyakit kanker dan resiko terkena penyakit jantung, madu juga direkomendasikan sebagai makanan sehat untuk berbuka puasa.

Madu dapat memperlancar metabolisme tubuh setelah seharian berpuasa dan memperlancar sistem pencernaan. Meminum madu sebelum makan berat juga akan menyeimbangkan berat badan karena nafsu makan jadi lebih terkontrol.

  • Yogurt

Kamu bisa mengkonsumsi yogurt sebagai hidangan penutup saat sahur. Memiliki kandungan nutrisi seperti protein, kalsium, yodium, dan vitamin B, yourt akan membuat kamu tidak mudah lapar saat berpuasa. Yogurt bisa dikombinasikan dengan sereal atau buah untuk menambah kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh.