Minuman bersoda memang sangat nikmat, apalagi jika diminum sehabis berolahraga, rasa nikmatnya seakan bertambah. Namun, kebiasaan minum bersoda terlalu sering sangatlah berbahaya. Minuman bersoda memiliki tingkat gula yang tinggi yang bisa memicu kerusakan pada organ penting anda.  Meski memiliki rasa yang menyegarkan dan sensasi menggelitik pada tenggorokan, faktanya minuman bersoda atau berkarbonasi bukanlah minuman yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Apa saja bahaya minuman bersoda yang harus Anda tahu? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini :

  • Menyebabkan Kegemukan

Minuman bersoda mengandung 4 kali lipat gula buatan, kandungan gula ini sangat banyak yang bisa memicu kegemukan dan perut buncit di kemudian hari. Jadi dengan

  • Membahayakan Ginjal

Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi minuman bersoda 2 kali sehari dapat membuat kerusakan pada ginjal. Hal ini bisa terjadi karena kandungan minuman bersoda terdiri dari pemanis dan pewarna buatan, kafein dan asam fosfat.

  • Meningkatkan Risiko Diabetes

Para penderita penyakit diabetes harus sangat dibatasi untuk mengonsumsi gula. Hal ini karena hormon insulin yang ada di dalam tubuhnya tidak cukup, bahkan tidak sanggup untuk mengubah zat gula menjadi gula otot (glikogen). Akibatnya, gula darah (glukosa) akan meningkat dan membahayakan.

  • Meningkatkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Sebuah penelitian mengungkapkan, apabila Anda mengonsumsi minuman soda setiap hari, bahaya minuman bersoda yang bisa terjadi pada tubuh adalah meningkatkan serangan jantung dan stroke. Hal ini diduga terjadi karena kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda berkaitan dengan resistensi insulin, peradangan dan peningkatan kolesterol.

  • Meningkatkan Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Selain di dada, sensasi panas juga bisa terjadi di perut dan berpotensi menjadi bahaya apabila sering terjadi. Gas ekstra dalam minuman berkarbonasi menciptakan lebih banyak tekanan di perut Anda, meningkatkan kemungkinan bahwa perut Anda akan memuntahkan isinya ke atas.

  • Menyebabkan Penuaan Dini

Bagi Anda yang ingin selalu terlihat muda, sebaiknya harus menghindari minuman bersoda. Bahaya minuman bersoda ini terkait dengan kandungan fosfat di dalamnya yang bisa mempercepat proses penuaan. Tidak hanya buruk dalam hal kerutan, bahaya soda lainnya juga terkait dengan komplikasi kesehatan seperti penyakit ginjal kronis dan kalsifikasi kardiovaskular.