Dalam setiap program latihan dalam 1 sesi akan melibatkan penggunaan Dumbbell. Tapi, tidak terlalu banyak yang tahu bagaimana teknik yang tepat dalam penggunaan dumbbell ketika sedang tidak ada instruktur fitness ataupun personal trainer yang mendampingi kita dalam latihan. Dengan menyimak dan memperhatikan beberapa teknik-teknik yang tepat dalam penggunaan dumbbell di bawah ini, kamu akan terhindar dari rasa khawatir tersebut:

1. Berat Dumbbell Sesuai Dengan Kebutuhan

Seperti yang kita tahu, setiap tempat fitness akan menyediakan berbagai dumbbell dengan berbagai ukuran yang berbeda. Ada jenis dumbbell yang bisa di stel dan ada juga jenis dumbbell yang sudah dipatenkan (tidak bisa di stel). Jenis yang manapun bisa kamu gunakan, dengan catatan jangan menggunakan dumbbell yang terlalu ringan dan terlalu berat. Sesuaikan dengan kebutuhan latihanmu, sesuai dengan program latihan yang sedang kamu jalani.

  • Jika kamu saat ini sedang menjalani program latihan untuk mengencangkan otot dan membangun daya tahan tubuh, maka kamu dianjurkan untuk menggunakan dumbbell dengan beban yang bisa kamu angkat sebanyak 12 hingga 15 repetisi, sebelum kamu benar-benar lelah.
  • Jika kamu sedang berlatih dan berfokus untuk mengembangkan massa otot, pilihlah dumbbell dengan beban berat yang mampu kamu angkat sebanyak 8 repetisi sebelum kamu benar-benar lelah dan dapat melanjutkan latihan berikutnya.
  • Jangan beralih ke dumbbell yang bebannya lebih berat jika kamu belum bisa melakukan repetisi hingga di akhir set.

2. Konsentrasi Pada Latihan

Latihan yang baik bukan berdasarkan banyaknya repetisi yang bisa kamu lakukan, tapi konsentrasi untuk menerapkan teknik latihan yang baik agar latihanmu tetap aman dan fokus pada massa otot. Gerakan yang perlahan-lahan akan dapat membantu mempertahankan kendali dan fokus pada otot yang sedang dilatih.

  • Gerakan yang perlahan-lahan dapat membantu dalam membangun otot dan memberikan hasil yang lebih baik karena memaksakan otot untuk lebih stabil dan menopang beban di setiap fase gerakan dalam waktu yang lebih lama.
  • Penting untuk diperhatikan ketika sedang dalam latihan, kamu tidak melibatkan bagian tubuh yang lain sehingga menyebabkan latihan yang fatal dan keliru. Semisal dengan latihan bicep curl, pastikan tubuh tetap tegak dan postur tubuh yang baik dan tidak mengalihkan tugas lengan ke punggung untuk mengangkat beban.

3. Amati Saat Sedang Latihan

Sangat penting untuk dilakukan ketika sedang berlatih untuk memperhatikan bentuk dan posisi tubuh agar mendapatkan hasil yang maksimal di setiap repetisi. Selain itu juga, ini merupakan cara untuk menghindari terjadinya cedera. Cara menggerakan siku, pergelangan tangan, lengan dan kaki dalam posisi yang benar dapat mencegah cedera dan meningkatkan hasil latihan yang sedang kamu jalankan.

  • Lakukanlah latihan di depan cermin untuk membantu memastikan bahwa gerakan yang sedang kamu lakukan sudah benar dan baik dalam penggunaan dumbbell.
  • Perhatikan pada video yang terdapat di youtube, artikel pada majalah atau artikel yang tersaji di internet, dan atau bisa berkonsultasi dengan instruktur atau personal trainer apabila kamu memerlukan petunjuk latihan. Seorang instruktur akan mengajarkan postur tubuh dan gerakan yang tepat untuk latihan dengan menggunakan dumbbell.