Jika sebagian wanita sudah familiar dengan istilah ini (infused water), bagaimana dengan pria kebanyakan?!

Mungkin hanya sebagian saja yang sudah familiar, dan yang lainnya masih awam sekali. Padahal, salah satu minuman ini ampuh untuk kamu yang sedang menjalani program hidup sehat dengan cara berolahraga secara rutin untuk menurunkan berat badan. Belakangan ini, infused water sedang naik daun dan dianggap sebagai minuman pelengkap dalam menjalani pola hidup sehat yang kaya akan manfaat.

Penjelasan Infused Water

Infused water merupakan potongan-potongan dari buah-buahan, sayuran, herbal, atau rempah-rempah, yang terkadang lebih dari 1 jenis buah atau sayuran di dalam 1 wadah yang direndam ke dalam air. Tidak hanya mampu menurunkan berat badan, infused water ini juga membantu proses detox tubuh, hingga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Cara membuatnya pun sangat mudah, dan kamu pun bisa praktek langsung untuk membuatnya hari ini. Masukkan beberapa potongan buah ke dalam 1 gelas air dan diamkan beberapa saat (sekitar 15 menit) dan tunggu hingga sari buah tercampur dan menyatu dengan air. Bisa juga yang ingin membuat infused water ke dalam wadah botol, bisa mendiamkan infused water tersebut ke dalam kulkas dan tunggu 1 hingga 2 jam. Potongan-potongan buah yang terdapat dalam wadah botol tersebut bisa dibuang karena sari dalam buah sudah tercampur ke dalam air. Pilihan buah-buahan segar yang akan dijadikan sebagai infused water bisa dipilih sendiri menurut selera, dan yang paling baik untuk kesehatan adalah infused water dari buah kurma.

Menurut salah satu sumber website kesehatan di Indonesia menyatakan “Klaim yang dianggap bahwa infused water ini menyehatkan bagi tubuh, belum terbukti secara ilmiah kebenarannya”, namun tidak begitu dengan infused water yang terbuat dari buah kurma.

Manfaat Infused Water

Berbagai manfaat bisa didapatkan dari infused water untuk kesehatan tubuh kita, jika kita tahu kolaborasi buah-buahan yang pas.

  • Mengatasi Sindrom Iritasi Usus

Buah semangka yang menyegarkan banyak mengandung air, sehingga buah ini sangat cocok dijadikan sebagai infused water. Kamu bisa mencampurnya dengan daun mint ke dalam air. Manfaat dari infused water ini dapat mengatasi pencernaan dan mengurangi gejala yang tidak nyaman dari sindrom iritasi usus (IBS). Daun mint juga dapat meningkatkan fungsi memori dan kognitif, ini menjadi alternatif untuk minuman yang mengandung gula dan berkafein.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan berbagai vitamin dan mineral pada buah-buahan yang dijadikan sebagai infused water berguna dalam meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh kita. Beberapa penyakit ringan dan bisa diatasi, seperti : Influenza, Batuk, Infeksi, Sariawan, dan Gusi Berdarah.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat dari infused water juga bisa untuk melancarkan sistem pencernaan. Asupan cairan yang cukup sangat penting untuk menghidrasi tubuh sekaligus kesehatan pencernaan guna mempermudah kinerja usus dalam mencerna makanan. Infused water ini juga dapat membantu mempermudah kinerja usus dalam mencerna makanan sehingga mencegah kita mengalami sembelit. Tubuh juga akan bekerja lebih optimal, sehingga proses pembuangan zat sisa dari organ-organ tubuh menjadi lebih maksimal.

  • Detoks Alami Tubuh

Banyak orang yang percaya bahwa infused water ini bermanfaat untuk detoksifikasi (membuang racun) yang menumpuk dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Faktanya, istilah detoks atas manfaat infused water ini sebenarnya masih terdengar samar (menurut salah satu sumber website kesehatan). Hingga hari ini pun, belum terbukti secara kuat bahwa ada satu produk atau cara diet yang ampuh mempercepat proses detoksifikasi tubuh atau membuatnya lebih efisien.

Pasalnya, tubuh kita memiliki cara tersendiri untuk menghilangkan racun yang menumpuk dalam tubuh. Peran ini dimiliki oleh organ ginjal dan hati yang berperan penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh lewat urin, feses, dan keringat. Jaga kesehatan pada ginjal dan hati, dengan begitu tubuh akan secara alami membersihkan semua racun dan produk yang yang sudah tidak digunakan lagi.

Inilah sebagian penjelasan dan manfaat dari infused water, masih banyak penjelasan lainnya, termasuk penjelasan mengenai pembuatan infused water yang baik dan benar. Simak terus artikelnya di www.adamgym.com atau di akun-akun media sosial kami.