Mungkin suda bukan hal yang asing lagi bahwa air putih memiliki ragam manfaat yang dapat kita nikmati dengan mengonsumsi air putih secara rutin yakni 8 gelas perhari, namun dengan sejuta manfaat yang ada dalam air putih masi banyak di sekeliling kita yang tidak suka mengonsumsi air putih hingga berakibat pada berbagai penyakit yang terparah adalah penyakit gagal ginjal, untuk itu yuk kita simak manfaat air putih bagi tubuh kita!

  • Menjaga Tubuh Terhidrasi

Air memiliki peranan cukup penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Meminum air di pagi hari, dapat membantu merehabilitasi tubuh dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang pada malam hari. Minum air di pagi hari, juga memberikan sensasi kesegaran pada tubuh Anda.

  • Menyegarkan Otak

Dari Consumer Health Digest, diketahui bahwa sebanyak 75% otak terdiri dari air. Daily Mail juga menyebutkan bahwa satu gelas air yang Anda minum dapat mempercepat kekuatan kinerja otak hingga 14%. Air memiliki manfaat yang luar biasa untuk otak, seperti membantu proses menguatkan memori, pengolahan pikiran. Rutin minum air putih, bukan hanya bagus untuk menghidrasi tubuh, melainkan juga sangat bagus untuk otak Anda. Anda akan lebih focus, kreatif, dan ingatan menjadi lebih kuat.

  • Membersihkan Usus Besar

Ketika Anda minum dalam keadaan perut kosong, air dapat mudah bergerak dan masuk ke system pencernaan. Terutama di pagi hari, minum air putih saat perut kosong dapat membantu membersihkan usus besar. Dengan keadaan usus besar yang bersih, tubuh akan dengan mudah menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

  • Meningkatkan Metabolisme

Manfaat morning water untuk kesehatan yang satu ini, pasti disambut baik oleh para dieters. Pasalnya, minum air di pagi hari dapat membantu meningkatkan system metabolism tubuh hingga 24%. Terutama jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Metabolism tubuh yang meningkat, akan membantu menurunkan berat badan. Manfaat air di pagi hari bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, terdengar sangat luar biasa. Tidak ada salahnya untuk dicoba untuk badan yang lebih sehat.

  • Membantu Fungsi dan Kerja Ginjal 

Kita ketahui funsgi ginjal adalah membantu menghilangkan kotoran dalam tubuh dan membersihkan darah, minum air putih yang cukup bisa membantu kerja fungsi ginjal anda, Memang ada anjuran minum sebanyak 8 gelas air putih sehari akan tetapi hal itu tidaklah menjadi aturan yang baku. Tubuh Anda mungkin membutuhkan lebih atau kurang dari jumlah air yang diperlukan tergantung pada cuaca, kondisi kesehatan Anda, dan factor lainnya. Hanya saja anda harus ingat untuk tetap menjaga cairan tubuh sepanjang hari untuk tidak dehidrasi.

  • Mengatur Asupan Kalori

Meningkatkan jumlah asupan air telah digunakan sebagai strategi penurunan berat badan oleh beberapa orang. Ini termasuk juga minum air putih dan makan sup sebelum makan berat untuk menekan nafsu makan dan makan makanan yang kaya dengan kandungan air, Minumlah setidaknya satu gelas air sebelum makan untuk membantu Anda makan lebih sedikit dan mengontrol asupan kalori Anda. Melakukan hal itu juga akan melembabkan lapisan perut dan mencegah makanan asam melukainya. Beberapa ahli menyarankan bahwa meminum air putih sebelum dan sesudah atau saat makan bisa mencairkan enzim pencernaan, sehingga bisa bermanfaat bagi yang memiliki pencernaan yang buruk.  Minumlah air putih sekitar 30- 60 menit sebelum dan sesudah makan.