Siapa yang nggak tahu buah yang satu ini. Buah ini sangat identik saat bulan ramadhan dan sangat banyak dijumpai ketika bulan ramadhan. Ya, buah kurma merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Buah kurma juga menjadi salah satu sumber energi, gula, dan serat. Nutrisi penting yang terkandung di dalam buah kurma seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, kalium, magnesium, dan zinc. Tidak hanya itu saja, buah kurma juga memiliki vitamin thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Nah, dari semua kandungan-kandungan vitamin maupun nutrisi diatas, buah kurma memiliki khasiat atau manfaat untuk kesehatan tubuh kita, seperti dibahas di bawah ini :

Mengontrol Tekanan Darah

Buah kurma juga kaya akan potasium dan mineral lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah. Belum lagi buah kurma juga mengandung serat yang tinggi. Serat tersebut berfungsi untuk menstabilkan level gula darah tubuh. Magnesium dalam buah kurma juga bisa melemaskan otot di jantung dan pembuluh darah, membuat tekanan darah pun menjadi lebih terkontrol.

Di dalam 100 gram buah kurma, terdapat 666 mg kalium. Kandungan kalium tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, yaitu mengurangi resiko stroke dan darah tinggi. Walaupun mengandung kalium yang cukup, mengonsumsi buah kurma secara berkecukupan (dalam jumlah ganjil), akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian di Inggris, yang diterbitkan oleh jurnal National Center for Biotechnology Information menemukan kalau rajin atau rutin konsumsi buah kurma dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Berkat kandungan antioksidan yang tinggi, buah kurma merangsang pengangkatan kolesterol dari sel-sel arteri. Mencegah arteri menjadi keras dan tersumbat dengan plak.

Meningkatkan Energi Tubuh

Buah kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi, misalnya glukosa, fruktosa dan sukrosa. Hal ini membuat buah kurma dapat meningkatkan energi dengan cepat. Inilah menjadi alasan sebagai menu pada bulan ramadhan, karena saat puasa tubuh memerlukan energi untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Buah kurma juga mengandung karbohidrat yang diolah menjadi sumber energi cepat bagi tubuh, serat dalam buah kurma yang tinggi juga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Mencegah Kanker Usus Besar

Rutin mengonsumsi buah kurma dapat menurunkan resiko berkembangnya sel kanker pada usus besar. Buah kurma ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus. Jadi, usus kita akan terjaga kesehatannya dan dapat terhindar dari penyakit mematikan kanker.

Melancarkan Pencernaan

Buah kurma termasuk ke dalam kategori buah yang dapat ‘mencuci’ perut alias melancarkan pencernaan. Tak heran kalau buah kurma ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sering mengalami sembelit. Buah kurma punya tingkat serat yang tinggi, sehingga mempermudah usus untuk mencerna makanan. Bagi kamu yang mengalami kesulitan buang air besar, konsumsi aja buah yang satu ini, yaitu buah kurma.