Buah yang satu ini sangat populer di Indonesia dan dibudidayakan di mana-mana, dan terkadang di setiap rumah ada yang menanamnya di halaman belakang rumah warga. Untuk mendapatkan buah yang satu ini sangat mudah, di setiap pasar pasti menjual buah yang satu ini. Apa itu?

Ya, buah pepaya. Tapi, nggak banyak tahu manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi buah pepaya ini, tak terkecuali seorang fitness mania. Oleh karena itu, seorang fitness mani harus tahu manfaat dari buah pepaya ini. Tidak cuma rasanya yang manis, buah pepaya ini juga mengandung berbagai macan khasiat kesehatan. Tidak hanya digemari saja, buah tropis ini mengandung sarat akan nutrisi seperti vitamin A, C, dan K, serta niasin, magnesium, kalium, protein, karoten, dan serat alami. Tahu tidak, setiap bagian dari pohon pepaya ini memiliki manfaat pada buahnya hingga pada daunnya.

Bagi seorang fitness mania, yang harus diketahui dari manfaat buah pepaya adalah sebagai berikut ini :

  • Menjaga Berat Badan Tetap Sehat

Buah pepaya yang kaya dengan vitamin A, C, folat, serat dan potasium ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, buah pepaya ini kaya akan serat yang membuat kita merasa kenyang lebih lama dan juga mencegah sembelit. Sebuah pepaya kecil dapat menyediakan hampir 11% dari nilai serat harian yang dibutuhkan dalam diet.

Buah pepaya bebas akan kolesterol, lemak dan sangat rendah kalori dan oleh karena itu buah pepaya sangat baik bagi mereka yang sedang diet, tak terkecuali seorang pria juga. Jika kamu tertarik untuk menjaga berat badan yang sehat, kamu dapat makan buah pepaya mentah atau dimasak.

Buah pepaya juga memiliki papain, enzim alami yang unik untuk membantu dalam pencernaan dan meningkatkan dengan cepat gerakan makanan melalui usus kita. Pencernaan yang buruk sering dikaitkan dengan gizi buruk serta masalah berat badan.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah pepaya yang tinggi akan vitamin C dapat membantu meningkatkan sel darah putih dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin A, E, dan antioksidan pada buah pepaya juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kedua vitamin A dan E diperlukan untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh yang sehat. Hal ini membuat buah pepaya sangat baik untuk mereka yang sering menderita pilek, batuk atau flu.

  • Mancegah Kanker

Senyawa penting pada buah pepaya dapat mengurangi resiko terkena beberapa jenis kanker. Kaya kandungan antioksidan, terutama lycopene, beta-karoten dan karotenoid yang dikenal dengan beta-cryptoxanthin, sangat bermanfaat dalam mengurangi resiko kanker. Buah pepaya ini juga mengandung senyawa yang disebut dengan isothiocyanate yang membantu mencegah kanker dengan menghilangkan potensi karsinogen (penyebab kanker) dari tubuh dan meningkatkan aksi protein penekan tumor. Senyawa ini membantu menghambat pembentukan serta perkembangan sel-sel kanker.

  • Mengobati Radang Sendi

Seorang fitness mania pasti pernah merasakan yang namanya cidera pada bagian sendi atau radang sendi. Nah, buah pepaya ini yang banyak mengandung enzin anti-inflamasi dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi. Dua enzim pencerna protein yang paling untuk yang ada dalam pepaya adalah papain dan chymopapain, yang dapat menurunkan peradangan terkait dengan rheumatoid arthritis. Tinginnya kandungan vitamin A, C dan E sangat baik untuk mengurangi peradangan. Menurut sebuah penelitian di Annals of The Rheumatic Diseases, mereka yang tidak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dalam jumlah yang cukup seperti buah pepaya secara teratur lebih berpotensi terserang radang sendi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan tersebut secara rutin.