Memperhatikan kesehatan diri sendiri adalah langkah kecil untuk masa depan yang lebih sehat. Tubuh yang sehat akan banyak sekali memberikan kontribusi pada aktifitas yang kita jalani sehari-hari. Salah satu yang harus diperhatikan adalah menjaga kesehatan jantung.  Kebiasaan-kebiasaan kecil yang dijalani saat ini sangat  berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Mungkin sebagian orang kurang menyadari bahwa jantung merupakan organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja keras seumur hidup. Mengurangi atau berhenti merokok dan aktif dalam melakukan kegiatan fisik merupakan faktor-faktor yang mampu menjaga kesehatan jantung.  Cara ampuhnya dalam menjaga kesehatan jantung adalah :

Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin ternyata dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Kamu hanya perlu menyempatkan waktu selama 45 menit dalam satu kali latihan. Langkah ini sangat efektif dan berdampak positif terhadapa kesehatan jantungmu.

Konsumsi Makanan Berserat

Serat bisa didapatkan dari sereal, gantung, dan kentang. Bisa juga dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayu-sayuran. Mengonsumsi lebih banyak serat dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Minimal sehari kita dianjurkan mengonsumsi serat sebanyak 30 gram. Lakukan secara bertahap agar tidak mengalami konstipasi atau kram perut.

Pertahankan Kesehatan Gigi

Bagi orang awam, pasti akan bertanya-tanya kenapa kesehatan gigi berhubungan dengan kesehatan jantung. Gigi yang tidak sehat, memiliki bakteri yang menyebabkan penyakit gusi masuk ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan kadar protein C-reaktif yang akan menyebabkan terjadinya peradangan pada pembuluh darah. Pembuluh darah yang terganggu ini sangat mempengaruhi kesehatan jantung.

Berhenti Merokok

Ini yang paling penting harus diperhatikan, karena ini merupakan hal yang susah untuk dihindari oleh kebanyakan pria. Seorang perokok aktif akan lebih renta terkena serangan jantung. Bagi perokok pasif, juga beresiko fatal yang mengakibatkan penyakit jantung jika terlalu sering menghirup udara yang sudah tercemar dengan asap rokok, segera hindari. Sebisa mungkin kita harus menghindari asap rokok, menghindar dari orang-orang yang merokok. Memang diluar terlihat sehat, tetapi dalam jangka panjang, penyakit pada jantung akan mulai menghinggap.

Praktekkan langsung dan ikuti cara-cara ampuh ini untuk menstabilkan kesehatan jantungmu. Tunggu apalagi?! Segera jaga kesehatan jantungmu dan perhatikan kesehatan keluarga. Selamat Hari Jantung Sehat.