Memiliki bentuk perut yang sixpack adalah idaman setiap pria. Tetapi banyak yang baru memulai fitness, tidak memperhatikan gerakannya. Alhasil, latihannya akan kurang maksimal dan bentuk perut jauh dari bentuk sixpack. Kuncinya, dalam melatih otot perut yaitu membakar lemak dan menaikkan otot perutmu.

Sebelum membahas latihan-latihan apa saja yang bisa memaksimalkan otot perutmu, kita simak dulu langkah-langkah yang perlu kamu ambil terlebih dahulu dalam melatih otot-otot perutmu agar menjadi sixpack. Ada 4 bagian pada perut yang harus dilatih, dimulai dari melatih otot bagian atas hingga otot bagian bawah.

Otot Perut Bagian Atas

Otot perut bagian atas ini disebut dengan otot rectus abdominis. Gerakan yang biasa dilakukan untuk melatih otot perut bagian atas ini adalah :

Ab Crunch Machine | Lakukan sebanyak 3 set dengan 12 repetisi, istirahat 30 detik setiap pergantian antar set.

Pallof Press | Lakukan sebanyak 3 set dengan 12 hingga 15 repetisi masing-masing sisi dengan istirahat selama 30 detik setiap pergantian antar set.

Decline Crunch Weighted | Lakukan sebanyak 3 set dengan 15 repetisi, istirahat selama 30 detik setiap pergantian antar set.

Jacknife Sit Up | Lakukan sebanyak 3 set dengan 10 hingga 12 repetisi, istirahat antar set selama 30 detik.

Otot Perut Bagian Samping

Dalam melatih otot perut bagian samping ini, gerakan yang dilakukan sangat extra, dimana setelah melakukan sebelah kanan, berpindah kemudian ke bagian kiri. Sederhananya, setiap jeda latihan beban, kamu bisa melatih otot perutmu dengan menggunakan tremmer. Atau bisa juga dengan menggunakan latihan dan gerakan dibawah ini:

Decline Oblique Crunch | Lakukan sebanyak 3 set dengan 12 repetisi, istirahat antar set selama 30 detik.

Barbell Side Band | Lakukan sebanyak 3 set dengan 15 repetisi, istirahat antar set selama 30 detik.

Otot Perut Bagian Bawah

Penekanan otot bagian bawah boleh memperpanjang set. Gerakan yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

Hanging Leg Raise (bisa menggunakan alat Dipping & Restock) | Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan 15 repetisi, istirahat selama 30 antar set

Reverse Crunch | Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan 12 repetisi antar set, dan istirahat selama 30 detik antar set.

Untuk gerakan-gerakan yang belum kamu pahami, kamu bisa tanyakan langsung kepada instruktur kami yang ada di Adam Gym. Lakukan latihan ini di tempat fitness, karena disana banyak sekali alat yang menunjang latihanmu, dan akan dibimbing langsung oleh instruktur yang sudah berpengalaman.

Langkah-langkah membentuk otot perut lebih sixpack ini tidak akan berhasil tanpa menghindari beberapa faktor dibawah.

  1. Jaga pola makan, karena makanan yang kamu konsumsi tidak secara teratur dan menu sembarangan, akan membuat latihanmu terasa sia-sia. Otot perut merupakan yang paling rawan, jika tidak bisa menjaga pola makan dengan baik.
  2. Jangan konsumsi minuman beralkohol (minuman keras) dan hindari merokok. Selain berbahaya untuk kesehatan tubuh, minuman beralkohol dan rokok adalah hal penting yang harus dihindari. Impianmu untuk mendapatkan perut yang sixpack hanya akan menjadi angan-angan saja.