Sobat fitness hari ini pasti udah latihan dong! Yang belum latihan, masih ada waktu untuk latihan di sore hari atau malam hari. Ada satu hal yang sering dilupakan oleh sobat fitness dalam melatih otot-otot tubuhnya. Tak jarang, ketika sudah fokus untuk melatih otot-ototnya, mereka akan melupakan otot yang satu ini, yaitu otot kaki.

Kamu harus bisa move on, fokus untuk melatih semua otot tubuh, termasuk otot kaki. Dalam program latihan selama sepekan, setidaknya satu hari bisa difokuskan untuk melatih otot kaki. Jangan seperti Larry the Lobster (tokoh kartun dalam film anak Spongebob Squarepants), dimana ukuran tubuh dan otot-otot tubuh atasnya begitu besar, dan kakinya kecil.

Nah, buat kamu yang baru belajar fitness, atau sudah lama fitness tapi kelupaan untuk melatih otot kaki, mending baca tips berikut ini mengenai ‘Melatih Otot Kaki Lebih Kuat’, biar tubuhmu seimbang dan terlihat lebih atletis. Mari kita bahas, cara melatih otot kaki yang bisa dilakukan diluar ruangan:

Melatih Otot Kaki Dengan Jalan Cepat

Langkah awal dalam melatih otot kaki agar lebih kuat, kamu bisa mengawalinya dengan berjalan cepat layaknya sebuah perlombaan di Pekan Olahraga Daerah atau Nasional. Berjalan cepat ini merupakan olahraga yang sederhana karena tidak memerlukan bantuan alat-alat maupun persiapan secara khusus. Berjalan cepat berbeda dengan berlari, yaitu berjalan cepat tanpa mengangkat kaki ketika melangkah. Kamu bisa melakukannya selama 5 menit secara rutin, lebih dari itu juga bisa kamu lakukan.

 Melatih Otot Kaki Dengan Berlari (Jogging)

Olahraga ini mungkin sudah menjadi hal yang biasa dilakukan, dengan melakukannya secara rutin maka otot kakimu akan menjadi lebih kuat sehingga mampu menopang tubuh dengan baik. Jika di dalam gym, kamu bisa menggunakan alat Treadmill untuk berlari dalam sebuah pemanasan. Lakukan secara konstan dan bertahap, agar otot kakimu bisa beradaptasi dan pernafasan bisa diatur seperti halnya sprint.

Melatih Otot Kaki Dengan Turun-Naik Tangga

Jangan menganggap hal ini tidak bermanfaat dan malah membuatmu kelelahan. Sesungguhnya aktifitas ini termasuk kedalam gerakan yang dapat melatih kekuatan otot kaki, karena dengan melakukannya, otot kaki akan terlatih untuk menopang beban dan akan membuat kaki menjadi lebih kuat. Kamu bisa melakukannya dirumah (jika ada tangga) dan jangan pakai tangga milik tetangga ya, atau bisa dilakukan di kantor, di waktu sebelum bekerja atau setelah pekerjaan semuanya selesai. Lakukan secara rutin agar kaki menjadi lebih indah dan ideal.

Melatih Otot Kaki Dengan Squad

Nggak asing lagi jika mendengar kata ‘squad’. Olahraga ini sering kita lakukan semasa sekolah dulu, dimana posisi awal dengan berdiri hingga turun ke posisi jongkok dengan posisi kaki secara bergantian. Hal ini sangat berdampak positif terhadap kekuatan kaki. Bagian paha akan terasa kencang dan otot kaki akan menjadi lebih kuat. Gerakan squad ini bisa menjadi salah satu alternat

4 cara melatih otot kaki agar lebih kuat di atas, cocok untuk dilakukan bersama pasangan dan anak-anak ketika sedang hari libur. Ajak mereka untuk ikut berolahraga bersama, agar otot-otot kaki mereka juga semakin kuat. Lakukan latihan diatas secara rutin, dan baca juga artikel-artikel lainnya setelah artikel ini, agar kamu lebih tahu banyak tentang melatih otot kaki agar lebih kuat lagi.