Marhaban Ya Ramadhan… Selamat berpuasa untuk kaum yang sedang menjalankan ibadah puasa, di tanah air Indonesia.

Sudah memasuki hari keenam berpuasa di bulan MEI 2018 ini, pastinya kamu tetap semangat dalam menjalankan aktifitas sehari-sehari, dan aktifitas normal seperti biasanya dong? Ada tips yang menarik sekali akan sama-sama kita bahas disini. Buat kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, pasti ingin tetap bugar dan tetap sehat. Simak langsung yuk ulasan dan tips-tipsnya dibawah ini (baca sampai habis ya, karena sangat bermanfaat untuk menunjang aktifitasmu setiap harinya):

  • Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga Saat Puasa

Terbagi kedalam 3 waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, dan kamu bisa mengambil salah satu waktunya, atau bisa juga kamu selingi waktunya dalam 1 pekan. Dalam 1 pekan, cukup 3 hingga 4 kali latihan, sisanya adalah istirahat (atau biasa disebut dengan masa recovery). Simak langsung yuk!

waktu-yang-paling-tepat-saat-berpuasa-adamgym-indonesia

Olahraga di Pagi Hari Saat Puasa

Waktu yang tepat berolahraga di pagi hari saat puasa adalah pada pukul 08.00 – 09.00. Dimana tubuhmu masih memiliki cadangan energi yang cukup pasca sahur. Durasi waktunya adalah 30 – 60 menit dengan moderate-high endurance, yaitu bisa melakukannya dengan aktifitas Aerobik, karena intensitas aerobik ringan hingga sedang, atau dengan latihan Fitness seperti biasanya juga bisa, dengan berat beban ringan (tidak seperti berat beban yang dilakukan saat tidak berpuasa). Durasi waktu tersebut adalah bertahap, untuk di awal-awal, kamu bisa lakukan selama 30 menit (waktu yang paling dianjurkan), kemudian meningkat selama 45 menit, dan jika di hari-hari akhir puasa, kamu bersemangat dan merasa kuat, bisa kamu lakukan selama 60 menit.

Olahraga di Sore Hari Saat Puasa

Tubuh akan semakin ideal dan berat badan bisa turun dengan cepat, jika kamu mampu menjaga menu sahur dan berbuka, dengan diiringi olahraga secara rutin. Puasa juga merupakan alternatif, selain memiliki nilai ibadah, puasa juga sebagai alternatif program diet.

Di sore hari, kamu bisa meluangkan waktu sebelum berbuka, dengan berolahraga antara pukul 17.00 hingga 17.30 (batas waktu maksimal sebelum menyiapkan menu berbuka dan siap-siap untuk beribadah). Kamu bisa melakukan olahraga selama 20 – 30 menit dengan moderate-high endurance exercise, yaitu olahraga kardio atau dengan bantuan alat resistance band.

Olahraga di Malam Hari Saat Puasa

Di malam harinya, ini bisa menjadi pilihan terakhir untuk melakukan aktifitas olahraga secara rutin, yaitu pasca sholat terawih. Dimana kamu bisa mulai melakukannya pada pukul 08.30 (sekitar 20 menit pasca sholat), selama 30 – 45 menit dengan metode moderate-high resistance exercise, seperti melakukan aktifitas olahraga (fitness) di waktu tidak berpuasa. Karena kadar gula dalam tubuh sudah normal, latihan pun bisa kamu lakukan seperti biasanya.

  • Kiat Tetap Bugar Saat Puasa

Ada 5 kiat agar tubuh kamu tetap bugar adalah sebagai berikut ini:

Jumping Jack

Kiat-kiat agar tubuh tetap bugar, yang pertama adalah dengan melakukan jumping jack. Kamu bisa lihat gambar tutorial dibawah ini sebagai panduan gerakan dari jumping jack tersebut. Gerakannya sangat sederhana, posisi tangan tidak hanya di depan dada saja, diarahkan ke atas juga bisa.

jumping-jack-adamgym-indonesia

Lakukan sebanyak 15 hingga 20 repetisi, dan ulangi hingga 2 set (1 set = 15 repetisi). Target dari gerakan ini adalah melatih otot seluruh tubuh. Tempo gerakannya adalah sedang, tidak terlalu pelan dan tidak terlalu cepat.

Mountain Climb

Gerakan ini adalah melatih otot perut dan batang tubuh. Lakukan gerakan ini sebanyak 2 set, dalam 1 set sebanyak 15 hingga 20 repetisi.

mountain-climb-workout-adamgym-indonesia

Tricep Dipping

Gerakan ini berfungsi melatih otot tricep, otot tangan bagian belakang (lengan). Kamu bisa melakukannya sebanyak 2 set dengan 10 hingga 15 repetisi dalam setiap 1 set. Pilihan melakukan gerakan ini adalah bisa menggunakan bantuan bangku, atau tanpa menggunakan bantuan alat apapun (tangan dalam posisi menyentuh lantai).

tricep-dipping-adamgym-indonesia

Pull Up – Chin Up

Latihan dengan gerakan ini adalah melatih otot punggung terbaik yang dilakukan dengan bergantungan pada sebuah palang atau bar besi dan menarik tubuh sampai ke dagu bisa sejajar. Lakukan sebanyak 2 set, dengan setiap 1 setnya sebanyak 10 hingga 15 repetisi.

pull-up-chin-up-adamgym-indonesia

Perbanyak aktifitas cardio merupakan salah satu cara atau kiat-kiat yang bisa kamu lakukan di saat puasa. Aktifitas olahraga yang paling tepat ini sesuai dengan kadar gula dalam tubuh. Kadar gula dalam tubuh menurun (rendah), karena dalam sehari kita mendapatkan asupan gula pada saat berbuka dan sahur saja.

Selain 4 kiat diatas, kamu juga bisa melakukan olahraga dengan bantuan alat resistance band. Alat ini efektif membantu pembakaran lemak dan meningkatkan kebugaran secara progresif. Latihan dengan alat ini juga mampu menyingkirkan kelebihan lemak dalam tubuh, membuat mesin metabolisme tubuh kamu berkerja lebih cepat dan efektif.

Gerakan-gerakan apa saja yang bisa dilakukan dengan alat ini, akan dibahas pada artikel selanjutnya…